Setelah sempat melarang turis asal Indonesia masuk dan transit di Singapura pada 12 Juli silam, akhirnya pemerintah Singapura kembali mengizinkan turis WNI untuk transit di negaranya. Pemerintah Singapura melalui otoritas imigrasi setempat (Immigration and Checkpoints Authority) akan kembali mengizinkan transit di Singapura bagi pelancong Indonesia atau wisatawan yang berada di Indonesia dalam 21 hari terakhir. Kebijakan ini akan berlaku efektif per 22 September 2021. Keputusan tersebut dibuat karena melihat kondisi COVID-19 di Indonesia kian membaik dalam beberapa waktu terakhir.

Kebijakan ini dinilai lebih longgar dibandingkan sebelumnya. Selain itu, apabila turis transit di Singapura, mereka sudah bisa mengakses ruang tunggu khusus transit, lounge kelas bisnis/utama/anggota PPS Club transit, hingga menginap di hotel transit (dengan biaya tambahan). Wisatawan juga sudah bisa memilih jadwal penerbangan Singapore Airlines yang lebih fleksibel.

Baca juga: 4 Negara di Asia Tenggara Ini Kembali Terima Turis Asal Indonesia

Namun, mereka diharapkan untuk tetap dapat mengikuti sejumlah protokol kesehatan, baik dari maskapai, otoritas imigrasi tempat transit, maupun otoritas maskapai tempat tujuan. Selain itu, pastikan penumpang harus menjalani tes PCR sebelum transit di Singapura.

Informasi selengkapnya, kunjungi safetravel.ica.gov.sg.