Para pelancong yang berencana menjelajahi Kamboja dalam waktu dekat tampaknya akan berpikir dua kali untuk berkunjung ke negara ini. Pasalnya, baru-baru ini, Kamboja telah menerapkan sejumlah persyaratan bagi turis asing yang datang untuk mencegah terjadinya gelombang kedua virus corona.

Turis wajib memiliki sertifikat kesehatan negatif Covid-19 yang dikeluarkan kurang dari 72 jam sebelum keberangkatan dan asuransi kesehatan minimal $50,000. Selain itu, pemerintah Kamboja mewajibkan wisatawan mancanegara yang memasuki wilayah Kamboja untuk menyimpat deposit kurang lebih $3,000 untuk perawatan medis.

Setibanya di bandara, semua penumpang akan dibawa dengan bus menuju fasilitas pengujian Covid-19, kemudian membayar $100 untuk tes reaksi rantai polimerase (PCR). Setelah itu, turis harus menginap semalam di hotel atau pusat tunggu. Jika hasil negatif, maka turis diizinkan untuk kembali melanjutkan perjalanan mereka setelah ditagih total biaya dari deposit.

Baca juga: Hari Ini, Singapura Resmi Buka Perbatasan

Namun, bagi turis dengan hasil tes positif, segera dirujuk ke rumah sakit yang telah ditunjuk dengan biaya $225 per hari, ditambah biaya $400 untuk empat kali tes swab. Biaya belum termasuk perawatan ICU atau CCU jika diperlukan.

Biaya-biaya tersebut merupakan tambahan dari biaya visa, meskipun sampai saat kedutaan besar Kamboja di seluruh dunia masih belum mengeluarkan visa turis dan visa on arrival.