Bangunan bersejarah dapat menjadi salah satu destinasi turistik yang selalu ramai didatangi pengunjung. Hal ini dibuktikan oleh Roma. Saking banyaknya bangunan bersejarah yang bersemayam di Ibu Kota Italia tersebut, kini pemerintah mulai menetapkan aturan baru demi menjaga kelestariannya.

Beberapa pekan lalu, Menteri Kebudayaan Italia, Dario Franceschini menyatakan mulai memberlakukan tiket masuk di sejumlah bangunan bersejarah pada akhir tahun, dan Kuil Pantheon akan menjadi yang pertama menerapkan aturan baru ini. Pantheon atau dikenal juga sebagai kuil untuk menyembah dewa-dewi pada masa kejayaan Roma, merupakan tempat yang wajib didatangi saat berada di Italia.

Kuil yang telah berusia 2000 tahun itu sebelumnya menggratiskan turis untuk masuk. Namun, demi pengelolaan bangunan yang lebih baik, dana dari tiket masuk akan menyumbang anggarannya.  Tiket masuk yang diberlakukan seharga Rp48.000 per orang, dan akan mulai diterapkan pada akhir tahun ini. Penetapan tiket masuk di Kuil Pantheon masih merupakan uji coba. Jika berhasil, objek wisata lain juga akan diterapkan peraturan yang sama.