Bersama Mangrove Discovery Tour, Anda dapat menyusuri Sungai Sebung yang membelah hutan bakau.

Menjelajahi Alam
Salah satu cara menarik untuk berdekatan dengan alam bersama keluarga adalah dengan mengikuti ekspedisi ramah lingkungan menyusuri Sungai Sebung yang membelah hutan bakau. Mangrove Discovery Tour ini cocok untuk semua umur dan tersedia baik siang maupun malam hari.

Sepanjang tur, seorang pemandu akan menemani peserta dan menjelaskan bermacam satwa dan tumbuhan di hutan. Untuk pengalaman yang lebih optimal, bawalah binokular, karena Anda bisa saja menemukan seekor ular yang bersembunyi di antara dahan, monyet-monyet yang bergerak lincah, burung cekakak yang kadang melesat di pepohonan, atau biawak yang berenang di sela-sela akar bakau.

Untuk tur di malam hari, sensasi yang berbeda akan dirasakan. Selagi menyusuri Sungai Sebung, Anda akan dihibur oleh pemandangan magis kunang-kunang yang berpendar dan bergerak sporadis. Tur malam di hutan ini juga menawarkan kesempatan menyaksikan rasi bintang di langit yang minim polusi cahaya. Sebelum naik perahu, jangan lupa mengoleskan krim atau cairan anti serangga ke tubuh Anda, terutama untuk anak-anak.

Jika keluarga Anda menyukai satwa liar, kunjungi Safari Lagoi Bintan. Taman edukatif ini menampung beragam satwa liar, contohnya komodo, siamang, kakatua, dan orangutan. Opsi lain untuk melihat satwa adalah Jumbo Park di Nirwana Gardens, di mana Anda dan si kecil bisa berdekatan dengan gajah-gajah Sumatera.

Kawasan wisata edukatif lainnya di Bintan adalah Eco Village Senggiling, tempat anak-anak belajar tentang alam dan metode pelestariannya. Biarkan tangan kotor dan sepatu mereka terkena lumpur ketika mempelajari metode penanaman pohon cengkih, belajar memancing untuk pertama kalinya, atau sekadar berlari bebas di lahan seluas 1.000 hektare. Jangan lewatkan pula aneka kudapan dan minuman yang dibuat dari bahan-bahan segar hasil perkebunan Eco Village.

Menikmati liburan keluarga yang tak terlupakan di Bintan

Menyelami Budaya
Ajak keluarga Anda berkeliling Bintan untuk mengetahui lebih banyak tentang kebudayaan setempat. Di Kampung Panglong, Anda bisa bertemu suku Orang Laut dan menyaksikan gaya hidup mereka yang unik. Kunjungi pula Pasar Pagi di Tanjungpinang, Ibu Kota Bintan, untuk mencicipi aneka kuliner dan bertukar trik memasak dengan para koki lokal yang ramah.

Tur budaya yang berkesan juga bisa didapat di Penyengat, pulau yang bisa dijangkau dengan mudah menaiki perahu pompong dari Tanjungpinang. Penyengat menyimpan kisah para bangsawan yang dulu menguasai Kesultanan Riau-Lingga. Warisan sejarahnya masih bisa disaksikan dalam beragam wujud, mulai dari reruntuhan istana hingga mausoleum berwarna hijau-kuning. Agar wisata di sini lebih menyenangkan bagi anak-anak, naiki bentor (becak motor) saat berpindah dari satu situs ke situs lainnya.

Salah satu instalasi di Lagoi Bay Lantern Park.

Menikmati Malam
Liburan keluarga merupakan kesempatan untuk memperkuat ikatan keluarga melalui kegiatan-kegiatan yang seru dan kebersamaan yang santai di malam hari. Usai makan malam yang memuaskan, jangan langsung tidur. Selain tur melihat kunang-kunang di Sungai Sebung, Anda sekeluarga bisa menikmati aneka makanan pencuci mulut di Rimba Jaya, contohnya es krim dengan berbagai pilihan topping, pisang goreng cokelat keju, atau martabak asin dan manis. Suasana malam di seputar Rimba Jaya memberi sedikit gambaran tentang kehidupan di Tanjungpinang.

Malam hari di Bintan Resorts juga terasa hidup dan semarak. Di Plaza Lagoi, Anda bisa menaiki odong-odong yang dihiasi lampu warna-warni untuk mengitari plaza. Hiburan lain yang lebih atraktif tersaji di Lagoi Bay Lantern Park. Taman seluas 4.000 meter persegi ini memajang lampion-lampion raksasa yang penuh warna dalam wujud satwa darat dan laut, termasuk komodo, badak, orangutan, dan ubur-ubur.

Mengoleksi segudang kegiatan bagi keluarga, fasilitas yang dikhususkan bagi anak-anak, serta lanskap yang cantik, Bintan jelas merupakan destinasi liburan yang sempurna bagi semua anggota keluarga.

Artikel ini merupakan kemitraan antara DestinAsian Indonesia dan Bintan.