Artikel ini diperbarui secara berkala.

Hingga saat ini, kontaminasi virus corona telah mencapai 126.369 kasus di lebih dari 60 negara di dunia. Imbasnya, banyak orang yang memilih untuk membatalkan atau mengatur ulang perjalanan hingga kondisi aman terkendali. Terlebih banyak negara yang kini menutup aksesnya bagi pendatang.

Menanggapi hal tersebut, maskapai-maskapai dunia menetapkan kebijakan sementara yang mengatur masalah pembatalan atau penjadwalan ulang tiket pesawat. Kami menyajikan informasi dari maskapai-maskapai yang kerap digunakan oleh warga negara Indonesia. Berikut di antaranya:

All Nippon Airways
Maskapai asal Jepang ini menawarkan gratis pembatalan untuk penerbangan dari dan ke Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, dan kota-kota di Italia bagian utara. Peraturan tersebut berlaku untuk pemesanan hingga 30 April 2020 dengan periode terbang paling lambat 30 Juni 2020. Pembatalan tiket yang dibeli lewat agen perjalanan bisa dilakukan via agen perjalanannya. Informasi lebih lanjut bisa ditemukan di sini.

Cathay Pacific menawarkan refund untuk tiket ke sejumlah destinasi yang terkena dampak wabah virus corona.

Cathay Pacific
Maskapai Hong Kong ini menawarkan refund untuk tiket ke Wuhan (tiket diterbitkan sebelum 21 Januari), Tiongkok (tiket diterbitkan sebelum 3 Februari), Taiwan (tiket diterbitkan sebelum 8 Februari), Korea Selatan (tiket diterbitkan sebelum 24 Februari), Israel (tiket diterbitkan sebelum 19 Februari), dan Jepang (tiket diterbitkan sebelum 4 Maret). Kebijakan baru ini berlaku untuk tiket dengan periode perjalanan hingga 30 April 2020.

Emirates
Maskapai berbasis di Dubai ini membekukan seluruh rutenya ke Iran. Selain itu, penumpang dengan tiket ke negara-negara dengan pembatasan perjalanan akibat wabah virus corona atau mereka yang penerbangannya dibatalkan, bisa menjadwalkan ulang atau mengajukan refund dengan syarat tiket dipesan untuk perjalanan sebelum 31 Mei. Bagi yang berniat menjadwalkan ulang, kesempatan dibuka hingga 30 Juni 2020.

Etihad Airways menawarkan pembatalan atau pengaturan ulang perjalanan tanpa dikenakan biaya.

Etihad
Bagi penumpang yang membeli tiket antara 8 Maret hingga 7 April 2020 diizinkan untuk mengganti tanggal atau mengubah destinasi secara sonder bayar. Penawaran ini berlaku untuk perjalanan di atas 22 Maret. Sementara bagi penumpang yang penerbangannya dibatalkan karena wabah virus corona, Etihad memberikan kesempatan untuk satu kali mengubah jadwal penerbangan secara gratis hingga 15 Juli.

Japan Airlines
Maskapai ini memberikan kelonggaran untuk mengatur ulang atau mengajukan refund untuk penerbangan dari dan ke Jepang, Tiongkok, dan Hong Kong. Batas waktu pengubahan bervariasi tergantung destinasi. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.