Tetap dengan aturan masker dan physical distancing, sejumlah objek wisata kembali dibuka. Semuanya beroperasi dengan beragam batasan. Kuota tiket dikurangi, tamu rombongan dilarang, dan pentas yang melibatkan kerumunan ditunda. Selama virus masih berkeliaran, kenyamanan memang akan sedikit dikorbankan. Ini 25 tempat populer yang sudah dan akan menerima tamu:

Forbidden City telah dibuka kembali, tapi dengan kuota 5.000 pengunjung per hari. (Foto: drz/Unsplash)

1. Forbidden City, Beijing
Jadwal Buka: 1 Mei
Sejak 1 Mei, Forbidden City telah dibuka bagi pengunjung. Tiket harus dipesan daring, dengan kuota maksimum 5.000 lembar per hari, berkurang dari 80.000 tiket di masa sebelum pandemi. Forbidden City merupakan bekas kediaman kaisar Tiongkok. Salah satu daya tariknya ialah aneka pusaka kerajaan yang disimpan di Palace Museum.

2. Ljubljana Castle
Jadwal Buka: 4 Mei
Pada 14 Mei, Slovenia menjadi negara Eropa pertama yang mengumumkan berakhirnya epidemi. Di Ibu Kotanya, Ljubljana, bangunan ikonis Ljubljana Castle lebih dulu dibuka pada 4 Mei. Semua acara di interiornya sudah dibatalkan, tapi pengunjung bisa melihat-lihat koleksi kastel. Magnet wisata lain di Slovenia yang sudah membuka pintunya ialah The National Museum of Slovenia sejak 5 Mei dan Bled Castle sejak 14 Mei. 

Kiri-Kanan: Shanghai Disneyland adalah taman rekreasi pertama Walt Disney yang dibuka kembali. (Foto: Rony Zakaria); Museum Island di Berlin kembali menerima tamu sejak 4 Mei. (Foto: Reiseuhu/Unsplash)

3. Museum Island, Berlin
Jadwal Buka: 4 Mei
Kompleks berisi lima museum ini mulai menerima tamu sejak 4 Mei, sementara museum individual bagian Staatliche Museen dibuka mulai 12 Mei. Pengelola menyediakan tiket terusan untuk mengunjungi semua museum di Museum Island. Bersama kota-kota lain di Jerman, Berlin sudah memasuki era new normal sejak awal Mei.

4. Shanghai Disneyland
Jadwal Buka: 11 Mei
Pada 11 Mei, Shanghai Disneyland menjadi taman rekreasi pertama Walt Disney yang dibuka kembali di tengah pandemi. Ada banyak batasan bagi pengunjung: wajib memakai masker, suhu tubuh dicek, dan dilarang swafoto bersama karakter Mickey Mouse. Selain itu, pentas teater dan parade malam belum bergulir.  

Istana Schönbrunn menerapkan jarak antar-tamu minimum satu meter. (Foto: Arthur V./Unsplash)

5. Schönbrunn Palace, Wina
Jadwal Buka: 15 Mei
Istana Rococo berisi 1.441 kamar ini telah dibuka kembali sejak 15 Mei. Pengunjung diwajibkan memakai masker dan saling menjaga jarak minimum satu meter. Austria adalah salah satu negara Eropa pertama yang memasuki era new normal. Perbatasan negara ini dijadwalkan dibuka kembali pada 15 Juni.

6. Hang Son Doong, Quang Binh
Jadwal Buka: 15 Mei
Hang Son Doong, gua terbesar sejagat, telah membuka kembali liangnya bagi para caver dan speleolog. Penjelajahan di gua ikonis Vietnam ini dilayani secara eksklusif oleh operator Oxalis. Untuk bulan-bulan yang tersisa di 2020, tersedia 240 jatah tur dengan tarif $2.500 per orang, sedikit berkurang dari harga sebelumnya yang mencapai $3.000.  

Kiri-Kanan: Ikon Lisbon, Belém Tower, dibuka kembali sejak 18 Mei. (Foto: Ulet Ifansasti); Usai dua bulan puasa tamu, Acropolis sudah bisa dizarahi sejak 19 Mei. (Foto: Iuliia Isakova/Unsplash)

7. Belém Tower, Lisbon
Jadwal Buka: 18 Mei
Menara Belém, struktur berusia lebih dari 500 tahun, melambangkan kejayaan maritim Portugal di masa lalu. Dari sinilah dulu para petualang bahari dilepas untuk melakoni ekspedisi akbar mengarungi dunia, termasuk ke Nusantara. Bangunan anggota Situs Warisan Dunia ini telah kembali menerima pengunjung sejak 18 Mei.

8. Acropolis, Athena 
Jadwal Buka: 19 Mei
Setelah dua bulan puasa tamu akibat pandemi, dewa-dewi Yunani yang bersemayam di Acropolis sudah bisa disatroni sejak 19 Mei. Beberapa situs dan museum lainnya di Yunani akan dibuka bertahap mulai 15 Juni, sementara pulau-pulau liburan seperti Santorini ditargetkan menyambut turis mulai 1 Juli. Lewat skema travel corridor, Yunani berencana membuka perbatasannya dengan Siprus dan Israel

Dek observasi Tokyo Tower bisa dikunjungi kembali sejak 28 Mei. (Foto: Louie Martinez/Unsplash)

9. Tokyo Tower
Jadwal Buka: 28 Mei
Usai dua bulan hiatus, Menara Eiffel versi Jepang ini membuka kembali dek observasinya bagi pengunjung. Aturan physical distancing tetap diberlakukan. Lift dibatasi untuk maksimum empat orang. Sementara dek observasi dipasangi tanda alokasi berdiri. Selang empat hari setelah Tokyo Tower dibuka, Tokyo Skytree juga mulai menerima turis.

10. Duomo di Milano, Milan
Jadwal Buka: 29 Mei
Italia, episentrum virus di Eropa, mengambil langkah berani untuk melonggarkan PSBB. Seiring itu, tempat-tempat wisata pun dibuka kembali, salah satunya Duomo di Milano. Awalnya hanya melayani jemaah secara terbatas, katedral sepuh ini membuka pintunya untuk turis sejak 29 Mei. Merayakan momen itu, pengelola memberikan diskon tiket 50 persen. Tamu rombongan dan tur dengan pemandu untuk sementara masih dilarang.

Sejak 30 Mei, Menara Pisa membatasi maksimum 15 pengunjung per slot. (Foto: Marco Ceschi/Unsplash)

11. Leaning Tower of Pisa
Jadwal Buka: 30 Mei
Setelah tiga bulan ditutup, Menara Pisa dibuka kembali. Turis sudah diizinkan mendaki 280 anak tangga di interiornya, tapi jumlah pengunjung dibatasi maksimum 15 orang per slot. Sebelum pandemi, Menara Pisa dan kawasan sekitarnya menjala rata-rata lima juta turis per tahunnya.

12. Nymphenburg Palace, Munich
Jadwal Buka: 30 Mei
Istana Barok kebanggaan Bavaria ini dibuka kembali pada 30 Mei, bersamaan dengan bangunan tetangga Marstallmuseum yang menyimpan beragam kereta kuda ningrat. Untuk sementara, area kapel belum bisa dimasuki, panduan audio personal tidak tersedia, dan ruang loker masih verboten. 

Kiri-Kanan: Dari total 54 museum di Vatikan, 51 di antaranya sudah dibuka kembali sejak 1 Juni. (Foto: Cristina Gottardi/Unsplash); Museum rubanah Amos Rex dibuka kembali dengan menampilkan pameran Generation 2020. (Foto: Tuomas Uusheimo/Amos Rex)

13. Vatican Museums
Jadwal Buka: 1 Juni
Vatikan, negara terkecil di dunia, mengoleksi 54 museum. Mulai 1 Juni, turis sudah bisa menyaksikan koleksi mereka, termasuk mengagumi lukisan agung Michelangelo di plafon Sistine Chapel, asalkan memesan tiket secara daring. Tiga tempat yang belum dibuka di Vatikan ialah Gregoriano Profano Museum, Pius-Christian Museum, serta Excavations of St. John Lateran.

14. Amos Rex, Helsinki
Jadwal Buka: 1 Juni
Rampung memodifikasi penataan pameran demi menunjang physical distancing, Amos Rex membuka pintunya kembali pada 1 Juni. Hingga 23 August 2020, museum seni rupa ini menampilkan pameran bertajuk Generation 2020 yang berisi karya-karya dari 80 artis muda. Amos Rex, museum rubanah yang diresmikan pada 2018, didesain oleh firma JKMM Architects.

Lukisan The Night Watch masih direstorasi, tapi beragam karya lainnya sudah bisa dilihat sejak 1 Juni di Rijksmuseum. (Foto: Donang Wahyu)

15. Rijksmuseum, Amsterdam
Jadwal Buka: 1 Juni
Lukisan bersejarah The Night Watch masih direstorasi, tapi beragam karya lainnya sudah bisa dilihat sejak 1 Juni, termasuk koleksi baru yang dipajang demi merayakan pembukaan kembali museum. Tamu rombongan belum bisa diterima, sementara tamu individual mesti memesan jadwal kunjungan secara daring. Museum tetangga, Van Gogh Museum, juga sudah dibuka sejak 1 Juni.

16. Grand Bazaar, Istanbul
Jadwal Buka: 1 Juni
Turki mulai mengendurkan PSBB. Setelah dua bulan ditutup, kafe dan restoran kembali menerima tamu, sementara 4.000-an toko di Grand Bazaar diizinkan mulai berdagang. Pasar warisan abad ke-15 ini dibuka kembali pada 1 Juni lewat seremoni yang dihadiri oleh para pejabat dan politisi.     

Sejak 1 Juni, museum berbentuk bahtera Guggenheim Bilbao dibuka kembali. (Foto: Jorge Fernández Salas/Unsplash)

17. Guggenheim Bilbao Museum
Jadwal Buka: 1 Juni
Sejak 1 Juni, museum berbentuk bahtera evokatif ini telah membuka kembali pintunya. Aturannya antara lain: wajib memakai masker, jarak anta-orang minimum dua meter, dan panduan audio tidak tersedia. Bangunan Guggenheim Museum Bilbao dirancang oleh arsitek selebriti Frank Gehry.

18. National Museum of Australia, Canberra
Jadwal Buka: 2 Juni
National Museum of Australia mengoleksi lebih dari 210.000 benda yang mengisahkan warisan budaya dan sejarah Negeri Kanguru. Pada 2 Juni, seiring mengendurnya PSBB, tempat ini dibuka kembali. Alur tamu diatur memakai sistem slot, sementara jarak antar-orang minimum 1,5 meter. Tiket dijual daring, walau turis juga bisa membelinya di loket, asalkan kuota harian belum tercapai.   

Chillon Castle di tepi Lake Geneva menyambut pengunjung mulai 8 Juni. (Foto: Andrea Caramello/Unsplash)

19. Chillon Castle, Vaud
Jadwal Buka: 8 Juni
Kastel di tepi Lake Geneva ini pernah disinggung dalam beragam karya pujangga agung masa lalu, contohnya Jean-Jacques Rousseau, Alexandre Dumas, Lord Byron, hingga Mary Shelley sang pencipta karakter Frankenstein. Mulai 8 Juni, turis sudah boleh menggali inspirasi puisi di sini. Chillon Castle berjarak sekitar tiga kilometer dari Montreux, kota yang mengilhami lagu Smoke on the Water.

20. Universal Studios Japan, Osaka
Jadwal Buka: 8 Juni
Seiring keputusan pemerintah Jepang melonggarkan PSBB, Universal Studios Japan menggelar soft opening pada 8 Juni, setelah ditutup sejak 29 Februari. Rencananya, taman rekreasi gigantik ini akan beroperasi penuh mulai 19 Juni. Demi menjaga keamanan, petugas akan mengaplikasikan Osaka Coronavirus Tracking System.

Kiri-Kanan: Taman Nasional Komodo kemungkinan dibuka kembali pada 15 Juni. (Foto: Putu Sayoga); Nyaris bangkrut, Ocean Park Hong Kong siap menyambung hidup di Juni. (Foto: Yi Liu/Unsplash)

21. Taman Nasional Komodo
Jadwal Buka: 15 Juni (tentatif)
Walau masih tentatif, Taman Nasional Komodo berencana kembali menyambut penjelajah dan penyelam mulai 15 Juni. Pemprov NTT kini sedang merumuskan pedoman baru untuk turis dan pelaku industri pariwisata setempat. Protokol ini akan mencakup aturan masker, batasan tamu di perahu, juga aturan physical distancing, kecuali untuk para komodo.

22. Ocean Park, Hong Kong
Jadwal Buka: Juni (tanggal belum dilansir)
Setelah nyaris bangkrut pada awal tahun, taman rekreasi andalan Hong Kong ini dihantam pandemi. Tapi bulan ini, setelah ditutup tiga bulan, Ocean Park siap kembali menyambung hidupnya. Merujuk siaran persnya, pengelola sedang mempersiapkan protokol kebersihan baru untuk menjamin keamanan tamu, staf, juga satwa. 

Kiri-Kanan: Senyum Mona Lisa di Louvre bisa difoto kembali mulai 6 Juli. (Foto: Zach Dyson/Unsplash); Untuk sementara, tiket Machu Picchu digratiskan bagi ASN, anak kecil, dan pensiunan. (Foto: Amanda Kerr/Pexels)

23. Machu Picchu, Cusco
Jadwal Buka: 1 Juli
Tahun lalu, lebih dari 1,5 juta orang menziarahi petilasan warisan abad ke-15 ini. Demi memulihkan sektor pariwisata setempat, pemerintah mengizinkan turis lokal kembali mengunjungi Machu Picchu, juga 54 situs arkeologi lain di Peru. Dari Juli hingga Desember, tiket akan digratiskan khusus ASN, anak kecil, dan pensiunan. 

24. Louvre Museum, Paris
Jadwal Buka: 6 Juli
Area Carrousel Garden dan Tuileries Garden di sekitar museum sudah dibuka, tapi area pamer masih ditutup hingga 5 Juli. Bagi pencinta seni yang ingin melihat senyum misterius Mona Lisa karya Leonardo da Vinci, Louvre Museum akan membuka reservasi tiket pada 15 Juni.

Usai simulasi protokol baru di Juni, Borobudur siap menyambut turis di era new normal. (Foto: Muhammad Fadli)

25. Borobudur, Magelang
Jadwal Buka: Juli (tentatif)
Menurut keterangan dari call center PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, simulasi protokol baru new normal akan digelar di Juni, sebelum kemudian ketiga candi bersejarah di bawah naungannya dibuka untuk turis.