Selepas pandemi Covid-19, social distancing mungkin akan menjadi etiket sosial yang jamak, termasuk saat kita terbang. Prediksi inilah yang melatarbelakangi Aviointeriors, pabrikan kursi pesawat asal Italia, untuk meluncurkan dua konsep baru kursi ekonomi yang dilengkapi pembatas di antara penumpang. 

Kursi pertama, Glassafe, dibekali partisi transparan pada bagian sandaran kepala. Sekilas mirip pengembangan dari face shield yang lazim dipakai petugas medis, tapi bedanya lapisan penutupnya berada di sisi kiri dan kanan. Untuk solusi ini, pihak maskapai cukup membeli “tudung,” tanpa perlu mengganti kursi. 

Kursi model Janus yang mereduksi kemungkinan kontak fisik di antara penumpang. (Foto: Aviointeriors)

Kursi kedua, Janus, menjanjikan proteksi lebih dengan cara memasang partisi transparan, sekaligus memodifikasi penataan kursi. Dalam formasi tiga kursi berjajar, kursi bagian tengah akan dibalik arahnya. Berbeda dari Glassafe yang hanya melindungi bagian kepala, Janus mereduksi kemungkinan kontak fisik seluruh tubuh, kecuali mungkin saat proses pembagian makanan dan pengambilan baki.  

Dalam keterangan resminya, Aviointeriors mengklaim partisi transparan kedua kursi barunya mudah dibongkar pasang dan dibersihkan. Desain baru ini juga menawarkan solusi bagi maskapai yang ingin menghadirkan rasa aman, tanpa mengurangi kapasitas kursi, apalagi merombak secara drastis interior kabin.