Proses penanaman karang di Padangbai oleh staf Livingseas Asia.

Tiap tahunnya, laut Bali menyambut puluhan ribu penyelam dan menghidupi lebih dari 300 operator. Tapi laut pulau ini sebenarnya dalam kondisi ringkih. Pencemaran dan pemanasan global telah lama menggerogoti keutuhan ekologisnya.

Problem itulah yang memicu lahirnya beragam inisiatif untuk memelihara terumbu karang, salah satunya datang dari Mandarin Oriental Jakarta. Pada 1 Oktober 2020, hotel bintang lima ini mengumumkan dukungannya pada proyek restorasi karang di Padangbai, destinasi selam di timur Bali.

Inisiatifnya dinamai “Everything Starts from the Sea.” Melalui program CSR ini, Mandarin Oriental Jakarta akan membantu upaya menanam karang dan membersihkannya dari sampah. “Kami berharap inisiatif ini bisa menyelamatkan dan melindungi terumbu karang Bali untuk generasi-generasi berikutnya,” jelas Carina Tan, Director of Commerce Mandarin Oriental Jakarta.   

Karang yang ditanam atas dukungan Mandarin Oriental Jakarta.

Untuk eksekusi programnya, Mandarin Oriental Jakarta bermitra dengan Livingseas Asia, operator selam yang berpengalaman dalam restorasi karang. Di Bali, mereka telah lama mengajak penyelam “mengadopsi” dan menanam karang. “Lautan mengandung aneka kehidupan, tapi semuanya berakar di terumbu karang,” jelas Leon Boey, pendiri Livingseas Asia. 

Di Bali, keterlibatan hotel dalam konservasi laut bukanlah hal baru. Tapi program semacam ini umumnya dijalankan hanya oleh hotel-hotel di Bali. Melalui inisiatif “Everything Starts from the Sea,” Mandarin Oriental Jakarta bisa dibilang telah memulai sesuatu yang langka. Lebih menarik lagi, program CSR ini dilakukan ketika industri perhotelan sedang terpukul oleh pandemi. –Cristian Rahadiansyah