Panorama Hong Kong, kota termahal di 2022 menurut survei biaya hidup oleh ECA International. (Foto: Dan Freeman)

Hong Kong kembali dinobatkan sebagai kota termahal di dunia. New York naik dua tingkat ke peringkat kedua, sementara Jenewa bertahan di posisi ketiga. Peringkat ini dilansir oleh ECA International, lembaga konsultan yang memetakan tempat termahal untuk ekspatriat dan penempatan pegawai. 

Survei biaya hidup oleh ECA International ini dilakukan tiap tahun pada Maret dan September. Data tahun ini merujuk survei Maret 2022, yang dibandingkan dengan data Maret tahun lalu. Survei mencakup 207 kota di 120 negara. Ada banyak komponen yang diukur, dari harga sayur, pakaian, miras, hingga biaya transportasi.

Menurut ECA International, yang memakai USD sebagai basis pengukuran, mahalnya biaya hidup di Hong Kong ditunjang oleh naiknya nilai mata uang dolar Hong Kong terhadap USD. Di sisi lain, harga barang-barang di sini naik lebih tinggi dari rata-rata dunia 3% per tahun.

Dalam tabel kota termahal, Tokyo bertengger di peringkat lima, turun tiga tingkat dari 2021. (Foto: Shigeki Wakabayashi)

Untuk harga secangkir kopi misalnya, Hong Kong mematok harga rata-rata $5,21 (sekitar Rp76.000), mengalahkan New York ($5,08) dan London ($4,16). Untuk bensin, harga di Hong Kong $3,04 (sekitar Rp45.000) per liter, di atas London ($2,27) dan New York ($1,24).

ECA International juga menemukan, banyak kota di Asia masih tergolong yang termahal. Dalam kelompok 10 besar, Asia kembali memiliki lima wakil—terbanyak dibandingkan kawasan lainnya. Dalam klasemen 20 besar, Asia juga dominan dengan menempatkan 10 wakil.

Khusus kawasan Eropa, kota-kota di negara kaya Eropa Barat mendominasi tabel. Di kelompok 20 besar, wakil terbanyak datang dari Swiss (Jenewa, Zurich, dan Bern), disusul oleh Norwegia dan Belanda yang sama-sama menempatkan dua wakil.

Turis memotret Taipei 101. Tahun ini, Taipei menembus klasemen 20 besar daftar kota termahal di dunia. (Foto: Vernon Raineil Cenzon)

Pandemi, invasi Rusia ke Ukraina, dan tersendatnya distribusi barang juga berpengaruh pada klasemen kota termahal. Di London misalnya, harga bensin meningkat 23% dari tahun lalu, sementara di Istanbul meroket hingga 156%. Di Sri Lanka, kenaikan harga melanda banyak barang, hingga Kolombo pun naik 23 peringkat dalam tabel kota termahal.

Berikut daftar 20 kota termahal di dunia 2022 menurut ECA International:

1. Hong Kong
2. New York
3. Jenewa
4. London
5. Tokyo
6. Tel Aviv
7. Zurich
8. Shanghai
9. Guangzhou
10. Seoul
11. San Francisco
12. Shenzhen
13. Singapura
14. Beijing
15. Yerusalem
16. Bern
17. Yokohama
18. Kopenhagen
19. Oslo
20. Taipei