Dua Resor Premium di Taman Nasional Komodo

Dua resor jaringan premium baru hadir di tepi Taman Nasional Komodo. Karakternya kontras.  

Kiri-kanan: Suite di Ayana Komodo; dek berjemur di Ayana Komodo.

Oleh Yohanes Sandy
Foto oleh Putu Sayoga

Yang pertama megah dan modern. Yang kedua intim dan rustic. Meski sama-sama menyuguhkan keindahan alam Flores, Ayana Komodo dan Sudamala Seraya sejatinya menawarkan pengalaman menginap yang kontras. Satu yang pasti, keduanya merupakan bagian dari grup senior yang punya pengalaman panjang dalam memahami selera turis.

Ayana Komodo Resort
Kehadirannya menambah koleksi resor mewah di Labuan Bajo. Ayana Komodo, bagian dari keluarga Ayana Hotels, diluncurkan akhir tahun lalu. Resor ini menampung 205 kamar dan suite—terbanyak di Flores. Jumlahnya hampir tiga kali lipat dari Jayakarta Flores, hotel bintang lima perintis di kawasan ini.

Ayana Komodo bersemayam di Pantai Waecicu, sekitar 15 menit dari bandara. Desainnya digarap oleh WATG, firma yang pernah menangani antara lain W Sentosa Cove dan Sofitel Nusa Dua. Ayana Komodo bertengger di tebing dengan lobi terletak di lantai teratas, dengan begitu pemandangan dari tiap kamar tidak terhalang bangunan. Dari segi desain, sosoknya bernuansa modern, sejenak cukup mengingatkan kita akan Rimba Jimbaran, properti yang juga digarap oleh WATG.

Ukuran kamarnya cukup royal. Kategori terendah memiliki luas 43 meter persegi, mencakup area balkon privat. Amenitasnya meliputi bathtub, mesin peracik kopi dan teh, koneksi internet nirkabel, serta televisi LED 49 inci.

Resor ini mengoleksi tiga restoran dan lima bar. Rinca, restoran utama, menyajikan kuliner internasional dan Nusantara; Honzen menyuguhkan masakan Jepang; sementara Kisik Grill, yang berlokasi di tepi pantai, menawarkan aneka hidangan laut bakar. Gerai andalan lainnya ialah Unique Rooftop Bar yang perlahan merekah jadi wadah kongko di Labuan Bajo. Bersarang di lantai tertinggi, bar yang beroperasi sejak sore hingga malam ini menawarkan panorama 180 derajat Laut Flores.

Fasilitas Ayana Komodo tergolong yang terlengkap di Labuan Bajo. Ada kolam renang lapang, pusat kebugaran, dek yoga, hingga ruang rapat dan kids’ club. Khas properti Ayana, resor ini menaungi beragam lokasi untuk pergelaran acara. “Ayana terkenal akan fasilitas pestanya. Kami ingin mengakomodasi pasar tersebut layaknya resor kami di Bali,” ujar Beauty Paramaditya, PR Coordinator.

Tentu saja, turis ke Labuan Bajo untuk mengarungi pulau-pulau di serambinya. Untuk itu Ayana Komodo menyediakan kapal pinisi Lako di’a yang berisi Sembilan kabin. Selain tur live on board di Taman Nasional Komodo, kapal sepanjang 54 meter ini melayani paket sunset tour yang ditutup dengan makan malam romantis. Untuk pesiar singkat setengah hari, opsinya ialah kapal cepat Lako Cama. Pantai Waecicu, Labuan Bajo, Flores; ayana.com.

Kiri-kanan: Ruang santai di tipe Panorama Villa, Sudamala Seraya; balkon vila.

Sudamala Resort, Seraya
Sesuai namanya, resor ini terletak di Pulau Seraya, sekitar 20 menit dari Labuan Bajo. Beroperasi sejak 2018, Sudamala Seraya adalah island resort chain pertama di Kawasan ini. Pembukaannya melengkapi ekspansi Sudamala dalam sirkuit turis di timur Indonesia. Setelah Bali dan Lombok, Sudamala kini memiliki cabang di Flores.

Resor ini menaungi 25 bungalo rustic yang dikerek di bibir pantai yang menatap taburan pulau elok. Dirangkai dari materi natural, tiap bungalonya terlihat menyatu harmonis dengan latar Pulau Seraya. Teras privat, kulkas, serta kamar mandi lapang dengan air hangat adalah beberapa fitur bakunya. Untuk menikmati kopi atau teh, tamu bisa singgah di restoran yang terletak di samping area resepsionis.

Sudamala Seraya didedikasikan bagi mereka yang ingin sepenuhnya melebur dengan alam. Televisi absen. Sinyal internet pasang surut. Mungkin sepatutnya memang seperti itu. Di pelataran resor terbentang pantai cantik dan perairan yang dialasi karang sarat warna. Jika beruntung, tamu bisa bertemu bayi-bayi hiu yang berenang di kaki dermaga. Galibnya resor di kawasan ini, Sudamala Seraya menawarkan petualangan ke Taman Nasional Komodo menaiki kapal cepat. Tim Aqura Dive di resor ini memiliki beragam paket tur untuk penyelam gaek maupun amatir.

Menginap di island resort, tamu tentu saja bergantung sepenuhnya pada restoran di resor. Di sini, tugas itu diemban oleh Seraya Restaurant & Bar. Dapurnya meracik aneka hidangan populer internasional dan beberapa masakan ikonis Nusantara, contohnya nasi goreng, mi goreng, sate ayam, serta nasi campur. Pulau Seraya, Flores; sudamalaresorts.com.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Juli/September 2019 (“Basis Ekspedisi”).

Comments