Daftar Maskapai yang Tutup Sementara Rute ke Tiongkok

corona virus, virus corona, tutup penerbangan ke cinaSejumlah maskapai memilih untuk menutup sementara rute-rute ke Tiongkok. (Foto: Ken Yam)

Menyusul wabah virus corona yang membunuh lebih dari 130 nyawa di Wuhan, Tiongkok, sejumlah maskapai mengambil tindakan antisipasi penyebaran dengan menutup sementara rute-rute ke kota-kota di Tiongkok.

Maskapai seperti Finnair, Cathay Pacific, Seoul Air, dan Jetstar telah membekukan sementara rute milik mereka ke kota-kota di Negeri Tirai Bambu. Kemudian British Airways juga mengambil tindakan serupa dengan menutup rute ke Shanghai dan Beijing menyusul dirilisnya travel warning ke Tiongkok oleh pemerintahannya.

Baca juga: 3 Taman Hiburan Ditutup Sementara; Cathay Pacific Kurangi Frekuensi Penerbangan ke Tiongkok

Di Indonesia, hanya satu maskapai yang mengambil tindakan preventif untuk menekan penyebaran virus corona ini. Per Januari 2020, Lion Air telah membekukan enam penerbangan, di mana tiga di antaranya merupakan rute pergi-pulang yang dilayani dari Manado, yakni Manado-Tianjin, Manado-Fuzhou, dan Manado-Hangzhou. Selanjutnya, per Februari 2020, Lion Air akan menutup sementara seluruh penerbangan ke Tiongkok termasuk yang dilayani dari Denpasar, Surabaya, Jakarta, dan Batam.

Selain membatalkan penerbangan, sejumlah maskapai yang masih melayani rute ke Tiongkok mengambil tindakan preventif dengan meniadakan fasilitas makanan panas, selimur, dan koran atau majalah. Beberapa maskapai seperti China Airlines dan Mandarin Airlines malah menyarankan penumpang untuk membawa botol minum sendiri serta menyediakan headset hanya bila diminta.  

Kabar terbaru

Pada 3 Februari 2020, Presiden Joko Widowo mengumumkan akan membatasi akses masuk dan keluar Tiongkok mulai 5 Februari 2020. Pembatasan tersebut mencakup pembekuan rute penerbangan dari dan ke Tiongkok termasuk untuk maskapai nasional Garuda Indonesia.

Tak hanya itu, Presiden Joko Widodo juga menginstruksikan untuk melarang kedatangan atau transit di Indonesia bagi mereka yang sudah berada di Tiongkok selama 14 hari. Pemerintah juga melarang warga negara Indonesia untuk melakukan perjalanan ke Tiongkok untuk sementara.

Peraturan tersebut di atas berlaku hingga waktu yang tidak dapat ditentukan.

Comments