Daftar Kota Termahal dan Termurah 2020

Dotonbori menjadi lokasi yang paling banyak dikunjungi turis di Osaka. (Foto: Ramon Kagie)

Biaya hidup di suatu kota kerap menjadi salah satu faktor untuk menentukan destinasi liburan. Paham akan hal tersebut, tiap tahun, Economist Intelligence Unit (EIU) rutin merilis Worldwide Cost of Living Survey yang mendata biaya hidup di 133 negara berdasarkan harga-harga lebih dari 160 jenis barang dan jasa di pasaran seperti bahan pokok, rokok, wine, bahan bakar, hingga harga sewa rumah.

Hasilnya, tak jauh berbeda dari tahun lalu, kali ini, peringkat pertama kota termahal kembali diraih oleh tiga kota sekaligus. Singapura—yang telah berada di peringkat teratas sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia selama tujuh tahun berturut-turut—kali ini harus berbagi posisi dengan Hong Kong dan Osaka.

Urutan keempat diisi oleh New York, disusul oleh Paris dan Zurich di peringkat lima. Dalam riset tersebut, Tel Aviv, Israel yang berada di peringkat tujuh menjadi satu-satunya kota di Timur Tengah yang memiliki biaya hidup mahal sedunia.

Baca juga: 10 Kota Paling Macet di Dunia; 10 Kota dengan Biaya Transportasi Publik Termahal

Menurut EIU, hal itu lantaran kota tersebut sedang menjadi pusat ekspor dalam beberapa tahun terakhir. yang menjadikan Israel sebagai mata uang terkuat di dunia. Dari 37 kota di Eropa, 31 kota mengalami penurunan peringkat. Kota-kota tersebut ialah Paris dan Zurich, yang kini memiliki biaya hidup relatif lebih murah dari tahun sebelumnya. Berikut daftar kota termahal di dunia:

1. Singapura 
1. Osaka (Jepang)
1. Hong Kong 
4. New York (AS)
5. Paris (Prancis)
5. Zurich (Swiss)
7. Tel Aviv (Israel)
8. Los Angeles (AS)
8. Tokyo (Jepang)
10. Jenewa (Swiss)

Salah satu arsitektur masjid di kota Damaskus. (Foto: abd sarakbi)

Dari daftar tahunan ini juga dapat dilihat kota-kota dengan biaya hidup termurah di dunia yang disebabkan oleh rendahnya gaji yang berdampak pada tingkat daya beli. Faktor lainnya adalah adanya perang, gangguan politik dan ekonomi, seperti yang terjadi di Damaskus. Daftarnya juga tak banyak berubah dibandingkan tahun lalu. Namun, dapat dikatakan bahwa kota-kota ini cenderung tidak terlalu nyaman untuk ditempati. Daftar kota termurah di dunia:

1. Damaskus (Suriah) 
2. Tashkent (Uzbekistan)
3. Almaty (Kazakhstan)
4. Buenos Aires (Argentina)
4. Karachi (Pakistan)
6. Caracas (Venezuela)
7. Lusaka (Zambia)
8. Chennai (India)
9. Bangalore (India)
10. New Delhi (India)

Informasi lebih lanjut, kunjungi Economist Intelligence Unit.

Comments