Checking In: Sudamala Seraya Resort

sudamala seraya resort, sudamala serayaLaut pirus dan pantai berpasir putih di Sudamala Seraya Resort. (Foto oleh Yohanes Sandy)

Teks oleh Yohanes Sandy
Foto oleh Putu Sayoga

Lokasi
Sesuai namanya, Sudamala Seraya Resort terletak di Pulau Seraya Kecil, yang dapat dijangkau sekitar 45 menit dengan menggunakan perahu dari Dermaga Kampung Ujung di Labuan Bajo. Paket menginap di sini sudah termasuk transportasi perahu dari Kampung Ujung. Lokasinya yang jauh dari keramaian membuat resor ini ideal sebagai tempat untuk menyepi.

Desain
Sudamala Seraya Resort berdiri di lahan berbentuk memanjang di tepi pantai. Membelakangi bukit, bungalo dan bangunan utama di resor ini dibangun dengan mengadopsi gaya rustic dengan material kayu yang dominan. Tiap bungalo dicetak menghadap laut dengan atap rumbia yang khas. Restoran yang juga berfungsi sebagai ruang komunal utama mengusung desain tanpa sekat sehingga semilir angin senantiasa menyapa tamu saat menyantap sarapan atau makan siang.

sudamala seraya resort, sudamala seraya
Kiri-kanan: Deretan bungalo menatap laut; tiap bungalo dilengkapi dengan teras privat.

Kamar
Resor yang berdiri pada 2015 namun diambil alih oleh Sudamala Resort pada 2018 ini mengoleksi 23 bungalo yang ditata menghadap samudra. Berbentuk rumah panggung, tiap bungalo memiliki luas 32 meter persegi serta dilengkapi dengan teras privat. Interiornya minimalis, namun memiliki standar kenyamanan yang tinggi dengan amenitas mumpuni, umpamanya penyejuk ruangan, kamar mandi dengan air hangat, serta kulkas. Peralatan peracik kopi dan teh absen di dalam kamar. Sebagai gantinya, tamu dapat memesan di restoran utama. Tiap kamar berkapasitas dua orang dengan pilihan matras single atau dobel. Namun jika ingin datang dengan keluarga, beberapa vila dirancang terkoneksi.

sudamala seraya resort, sudamala seraya
Kolam renang di area restoran. Kolam ini juga kerap dijadikan tempat latihan menyelam oleh tamu. (Foto: Sudamala Resorts).

Kuliner
Sudamala Seraya Resort hanya memiliki satu restoran dan tamu mau tak mau harus memesan makan di situ. Namun jangan berkecil hati, menu yang ditawarkan tak mengecewakan. Spaghetti carbonara buatan kokinya merupakan salah satu yang terbaik yang pernah saya makan. Selain menu internasional, restorannya juga menyediakan sejumlah hidangan khas Indonesia seperti nasi campur serta nasi dan mi goreng. Menu-menu yang ditawarkan pun juga dirotasi secara ajek agar tamu tak bosan.

sudamala seraya resort, sudamala seraya
Kiri-kanan: lautnya menyimpan aneka satwa cantik; area bersantai dan berjemur di depan bungalo.

Aktivitas
Menginap di Sudamala Seraya Resort, tamu dituntut untuk kembali ke alam dan berdamai dengan diri sendiri. Sinyal ponsel dan internet hanya tersedia di area restoran, itu pun kadang raib tanpa pengumuman. Sebagai hiburan, tamu dapat melakukan beragam aktivitas air yang disediakan secara sonder bayar, mulai dari bermain kayak hingga snorkeling. Apalagi keduanya dapat dilakukan langsung di depan resor. Dan snorkeling di pantai di depan resor tak terlalu mengecewakan. Banyak ikan-ikan cantik berseliweran di bawah dermaga. Saat saya melakukannya pada akhir April 2019, seekor hiu kecil berenang dengan santai di laut dangkal di depan resor. Bosan seharian bermain air, tamu dapat mengikuti trekking ke Panoramic Sunset Point di bukit di belakang resor untuk menikmati panorama senja. Selain aktivitas gratis yang tersedia, Sudamala Seraya Resort juga melayani trip menyelam yang dipandu oleh Aqura Dive di beberapa titik penyelaman di Taman Nasional Komodo. Selayaknya resor di Flores, Sudamala Seraya juga menyediakan opsi tur island hopping dengan menggunakan kapal cepat.

Pulau Seraya Kecil, Flores, Nusa Tenggara Timur; 0361/288-555; sudamalaresorts.com; doubles mulai dari Rp2.500.000.

Untuk ulasan tentang hotel-hotel lain yang pernah kami kunjungi, klik di sini.

Tags : labuan bajo
Comments