Sejak pintu Thailand sudah resmi dibuka secara bertahap pada Oktober tahun lalu, kini pemerintah kembali mengumumkan berita baik. Thailand akan melonggarkan aturan untuk kedatangan internasional mulai 1 Maret 2022—meskipun lonjakan kasus COVID-19 masih berlanjut di negara itu.

Pusat Administrasi Situasi COVID-19 (CCSA) telah memutuskan untuk mengubah tes RT-PCR COVID-19 kedua, yang saat ini diperlukan untuk kedatangan di luar negeri pada hari kelima mereka di negara itu, menjadi tes antigen yang bisa dilakukan sendiri. Selain itu, pemerintah juga akan mengurangi jumlah pertanggungan asuransi yang dibutuhkan dari US$50.000 menjadi US$20.000.

Menteri Kesehatan, Anutin Charnvirakul menjelaskan bahwa alasan awal untuk persyaratan pertanggungan asuransi sebesar US$50.000 tersebut karena sebagian besar kasus COVID-19 naik setelah pintu pariwisata dibuka. Namun saat ini, situasinya telah berubah. Tingkat infeksi di antara pendatang sekarang hanya satu dari setiap 1.000 kedatangan. Keputusan CCSA mengurangi persyaratan pertanggungan asuransi dilakukan untuk kembali memulihkan pariwisata di Thailand dan mendatangkan lebih banyak wisatawan.