Tenda berisi satu kamar di Banyan Tree AlUla, resor glamping baru di Arab Saudi. (Foto: Christopher Cypert/Banyan Tree)

Banyan Tree membuka resor pertamanya di Arab Saudi. Resor bernama Banyan Tree AlUla ini akan menyambut tamu perdananya di Oktober 2022. Lokasinya di kawasan AlUla, sekitar 370 kilometer di utara Madinah.

Banyan Tree AlUla berkonsep glamping. Properti ini menampung 79 tenda mewah yang berkapasitas satu hingga tiga kamar. Tipe terendah berukuran 77 meter persegi, lebih lapang dari tenda Amanwana di Sumbawa. Tiap tenda dilengkapi koneksi internet, televisi, serta area api unggun privat. Dari situs webnya, tarifnya mulai dari Rp22 juta untuk periode menginap di Oktober.

Rock Pool di Banyan Tree AlUla, properti perdana Banyan Tree di Arab Saudi. (Foto: Christopher Cypert/Banyan Tree)

Fasilitas resor ini meliputi pusat kebugaran, spa, serta kolam renang fotogenik yang diapit tebing batu. Selain itu, terdapat dua restoran. Harrat menonjolkan tradisi dapur Timur Tengah. Sementara Saffron mengandalkan kuliner Thailand yang merupakan spesialisasi dari Banyan Tree.

Berniat menawarkan sensasi safari padang pasir, Banyan Tree AlUla menyiapkan serangkaian tur menjelajahi AlUla, kawasan yang sedang dikembangkan Kerajaan Arab Saudi sebagai destinasi wisata. Beberapa lokawisata yang tercantum dalam paket tur ini ialah makam-makam tua Hegra, kota tua Dadan, serta permukiman bersejarah berisi 900 rumah renta.

“Didirikan pada abad ke-6 SM, AlUla dipenuhi begitu banyak sejarah dan kami merasa terhormat bisa menjadi bagian dari upaya pelestariannya,” ujar Eddy See, CEO Banyan Tree Group, dalam siaran persnya.