Setelah masa lockdown di beberapa negara telah berakhir dan penerbangan internasional telah kembali beroperasi, sejumlah maskapai penerbangan dunia sedang berusaha beradaptasi untuk melayani penumpang di tengah pandemi corona.

Nyaris seluruh maskapai telah menerapkan sejumlah aturan guna mencegah penyebaran Covid-19. Mulai dari mewajibkan penumpang dan awak kabin memakai masker, hingga wajib mengosongkan kursi tengah.

Sejak awal Mei 2020, maskapai asal Amerika, American Airlines mulai membagikan tisu pembersih, hand sanitizer, dan masker kepada penumpang. Disusul oleh Delta Air Lines dan JetBlue Airways yang juga menerapkan kewajiban memakai masker bagi para penumpang dan awak kabin. Selain itu, beberapa maskapai juga menyediakan pembersih tangan di setiap armada, serta menerapkan kebijakan mengosongkan kursi tengah dan mengurangi layanan makanan dan minuman untuk membatasi kontak awak kabin dengan penumpang.

Sementara, Emirates, Qatar Airways, dan Korean Air mewajibkan seluruh awak kabin memakai seragam khusus selama bertugas, termasuk kaca mata, masker, dan sarung tangan. Sedangkan AirAsia justru merilis seragam baru lengkap dengan APD yang dirancang oleh perancang busana Filipina, Puey Quinones. Seragam berwarna merah ini dilengkapi dengan pelindung wajah, penutup kepala, sarung tangan, masker, serta celana panjang dan baju lengan panjang yang sepenuhnya melindungi pemakainya, seperti hazmat suit. Selain dapat melindungi penggunanya, seragam tersebut dirancang dengan bahan yang kuat namun pemakainya tetap dapat bergerak bebas.

Baca juga: Daftar Maskapai yang Kembali Beroperasi Juni 2020

Sejumlah maskapai juga telah bekerja erat dengan otoritas bandara untuk memastikan bahwa semua tindakan pencegahan yang relevan tersedia untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman. Mereka juga telah mengimbau penumpang untuk selalu memakai masker selama penerbangan dan menjaga kebersihan pribadi.