7 Kamar Keluarga Atraktif di Asia

Selain fitur baku seperti connecting door dan twin-bed, sejumlah hotel berupaya membuat kamar keluarga lebih atraktif lewat permainan desain yang kreatif.

Kamar tematik Family Suite di Shangri-La Singapore.

Oleh Yohanes Sandy

Shangri-La Singapore
Bermodalkan kreativitas, kamar keluarga akan mampu membangkitkan petualangan imajinatif. Contohnya tersaji di hotel Shangri-La Singapore dalam wujud Family Suite yang diluncurkan Desember tahun lalu. Kamar ini didesain dengan lima tema berbeda: safari, kastel, bawah air, luar angkasa, dan hutan. Dengan luas 72 meter persegi, tiap unitnya menampung dua kamar tidur yang terkoneksi oleh pintu dan “terowongan rahasia” khusus anak. Bonus untuk tamu meliputi akses ke Family Concierge, area bermain Buds by Shangri-La, serta pantry berisi makanan dan amenitas anak keluaran Stokke. Untuk keluarga dengan banyak anak, pilih Family Suite yang terkoneksi ke Deluxe Family Room. shangri-la.com.

Interior menarik kamar anak di Hard Rock Hotel Penang.

Hard Rock Hotel Penang
Hard Rock Hotel jarang dipertimbangkan saat orang bicara liburan keluarga. Mungkin menyadari fakta itu, beberapa hotel dalam jaringan ini menghadirkan tipe kamar khusus tamu yang membawa anak, salah satunya Roxity Kids Suite di Hard Rock Hotel Penang. Kamar dengan luas mulai dari 41 meter persegi ini menampung dua matras di ruang terpisah, plus beberapa fitur yang didedikasikan untuk rocker cilik, contohnya PlayStation 4, boneka, buku, jubah mandi, serta minibar berisi aneka camilan atau minuman yang aman untuk gigi. hardrockhotels.com.

Khusus kamar anak di Holiday Inn Phuket terdapat boneka hingga perangkat Xbox 360.

Holiday Inn Phuket
Sesuai dengan lokasinya, Holiday Inn Phuket, hotel yang berlokasi di tepi Pantai Patong, mengusung tema bahari untuk Family Suite. Kasurnya didesain menyerupai bahtera atau penyu, sementara dindingnya dilapisi mural bertema petualangan maritim. Dengan luas 33 meter persegi, tiap unit Family Suite menampung kamar tidur dan kamar mandi terpisah untuk orang tua dan anak. Fitur di tiap zona ini juga berbeda. Khusus kamar anak, terdapat antara lain lemari baju anak, beanbag, boneka, hingga perangkat Xbox 360. holidayinnresorts.com.

Family Room Padma Legian Bali berada dekat kolam renang.

Padma Legian Bali
Dengan luas lapang 64 meter persegi, Family Room di hotel ini menawarkan ruang terpisah antara anak dan orang tua, plus fasilitas dua kamar mandi dan balkon privat. Khusus kamar anak, selain sebuah ranjang susun berkapasitas tiga orang, Padma Legian Bali menempatkan antara lain beanbag warna-warni, televisi layar datar, serta pemutar DVD. Guna memudahkan para tamu cilik menjangkau kolam renang, Family Room diletakkan di gedung baru yang posisinya memang berdekatan dengan kolam renang. padmaresortlegian.com.

Kamar Family Happy Magic di Hilton Tokyo Bay. (Foto: Adam Bruzzone 2014)

Hilton Tokyo Bay
Kamar tipe Family Happy Magic di Hilton Tokyo Bay memiliki luas mulai dari 35 meter persegi—ukuran yang cukup royal untuk hotel di Tokyo. Terinspirasi dari hutan dan danau, permainan desain berbentuk mural diaplikasikan di interior hingga ke area lift dan koridor. Family Happy Magic disebar di tiga lantai. Masing-masingnya dilengkapi dua matras dan satu tempat tidur tingkat dengan kapasitas total maksimum enam orang. Untuk opsi yang lebih lega, pilih Happy Magic Suite yang memiliki luas mulai dari 70 meter persegi. Kamar yang didesain dengan tema Magic Forest ini menawarkan panorama laut dan kompleks Tokyo Disney Resort. hilton.com.

Interior kamar anak di Sheraton Grand Macao.

Sheraton Grand Macao
Sebagaimana lazimnya, Family Suite di hotel ini terdiri dari dua zona yang saling terkoneksi: kamar tidur orang tua dan kamar anak. Untuk menegaskan perbedaan keduanya, sekaligus memberi pelayanan lebih kepada tamu cilik, Sheraton Grand Macao melengkapi kamar anak dengan furnitur berwarna ceria, matras bertingkat, beragam boneka, hingga peralatan mandi yang dibuat khusus untuk anak. Suite lapang seluas 83 meter persegi ini juga dilengkapi area bersantai dan dua unit televisi. marriott.com.

Interior bertema petualangan antariksa di Hong Kong Gold Coast.

Hong Kong Gold Coast 
Hotel yang berlokasi di belahan barat Hong Kong ini menghadirkan kamar anak yang menyerupai wahana di taman rekreasi. Bagus untuk imajinasi si buah hati, walau berpotensi memberi mereka ide untuk merombak kamar di rumah. Family Room mengusung delapan tema, antara lain safari, bajak laut serta dinosaurus. Luasnya 45 meter persegi dengan kapasitas dua orang dewasa dan dua anak. Beberapa unitnya dilengkapi balkon privat yang menatap laut lepas. Menginap di sini, tamu bisa menikmati antara lain layanan afternoon tea tematik  serta sejumlah permainan khusus anak. sino-hotels.com.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Oktober/Desember 2019 (“Kamar Kreatif”)

Comments