6 Tempat Menarik di Pesisir Timur Bali

Sempat ditinggalkan turis, pesisir yang membentang dari Pantai Keramas hingga Lepang mulai menggoda untuk didatangi kembali. Berikut sebagian tawarannya.

Menikmati sesi makan Komaneka at Keramas Beach sambil ditemani panorama memikat.

Oleh Cristian Rahadiansyah

Komaneka at Keramas Beach
Berekspansi keluar dari sarangnya di Ubud, Komaneka pada 2017 mendirikan resor di Pantai Keramas, area yang disebutnya “off-track Bali destination.” Resor ini menaungi hanya satu kategori akomodasi: ocean view pool villa. Tergantung kondisi cuaca, tiap vila menawarkan panorama Pulau Nusa Lembongan dan Gunung Agung. Timur Kitchen, satu-satunya restoran di resor ini, menawarkan kreasi inovatif seperti salmon keluak dan gelato rasa mengkudu. keramas.komaneka.com.

Sababay Winery
Produsen wine yang dirintis pada 2010 ini diasuh sejumlah tokoh terpandang di dunia nektar, termasuk Vincent Desplat, pakar wine asal Paris; serta Yohan Handoyo, penulis buku Rahasia Wine. Mengandalkan anggur asal Buleleng, Sababay memproduksi enam varian produk, termasuk Ludisia dan Moscato d’Bali. Untuk mencicipi sekaligus menyaksikan pembuatannya, tersedia Winery Tour & Taste bertarif Rp180.000 per orang. sababaywinery.com.

Interior Beachsida Villa di Hotel Komune Bali.

Hotel Komune Bali
Salah satu properti pionir di Pantai Keramas, Hotel Komune Bali berjasa menjaga magnet kawasan ini untuk terus memikat pelancong, khususnya segmen muda, lebih spesifik lagi segmen muda yang merasa terlalu energik untuk Sanur tapi terlalu lelah untuk Seminyak. Wadah kongkonya, Komune Beach Club, mengajak tamu bersantai di pantai, mengarungi ombak yang minim peselancar, serta menonton layar tancap. komuneresorts.com.

Bali Safari Park
Taman rekreasi ini mengoleksi satwa yang mewakili lebih dari 100 spesies, termasuk komodo, orangutan, dan jalak bali. Tawarannya mirip taman Safari Bogor, tapi akses ke sini relatif lebih lancar lantaran Kawasan sekitarnya minim kemacetan.  Mirip versi Bogor juga, tempat ini dilengkapi penginapan: Mara River Safari Lodge, kompleks berisi 38 kamar dengan gaya Afrika. balisafarimarinepark.com.

Baca juga: 4 Promo Menarik 4 Properti di Bali; 4 Paket Rejuvenasi di Bali

Restoran Andrawina di Rumah Luwih. (Foto: Putu Sayoga)

Rumah Luwih
Tubuhnya menyerupai mansion kolonial yang menjulang anggun menatap lautan, sementara interiornya merayakan pesona glamor masa silam melalui kandil megah, lantai teraso, pintu dan jendela berukuran besar, serta ornamen antik seperti vas dan mebel kayu jati yang diseleksi oleh firma arsitek Hadiprana. Bersemayam di lahan seluas satu hektare di bibir Pantai Lebih (“luwih” artinya “lebih”), Rumah Luwih memayungi 75 kamar, spa, serta restoran Andrawina. Hotel  butik ini juga melayani resepsi dengan aset andalan kapel di tepi pantai dan taman berkapasitas 500 tamu. rumahluwih.com.

Pondok-pondok berbentuk jineng di Wyndham Tamansari Jivva Resort. (Foto: Putu Sayoga)

Wyndham Tamansari Jivva Resort
Dibuka awal november 2016, Wyndham Tamansari Jivva adalah properti Wyndham perdana di Indonesia, sekaligus hotel jaringan internasional pertama di tepi Klungkung. Secara desain, resor ini tampil cukup dinamis. Lobinya menyerupai kaki-kaki jembatan, pondok spanya mengadopsi arsitektur jineng, sementara pantainya dilengkapi beach club yang ditaburi beanbag aneka warna. Wyndham Tamansari Jivva menaungi 222 kamar, termasuk delapan unit vila. Akomodasi terbaiknya ialah tipe suite yang menyuguhkan panorama laut. wyndhamjivvabali.com.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Januari/Maret 2020 (“Jalur Timur”)

Comments