4 Pameran Menarik di London pada 2020

Daftar pameran yang bakal digelar di London sepanjang 2020.

Menikmati cerita dan beragam karya Van Gogh yang disajikan dalam beragam instalasi menarik di Meet Vincent van Gogh Experience.

Meet Vincent van Gogh Experience
Upper Ground, South Bank, London
7 Februari – 21 Mei 2020
Van Gogh dikenal sebagai salah satu pelukis sekaligus tokoh seni terkenal dan paling berpengaruh dalam sejarah. Sepanjang hidupnya, seniman asal Belanda yang mengagumi bintang ini telah menelurkan ribuan karya yang menjadi buruan para kolektor seni.

Meskipun sebagian besar karya Van Gogh tersimpan di Museum Van Gogh di Amsterdam, namun beberapa museum dan ruang seni di dunia juga kerap menggelar beragam pameran Van Gogh. Salah satunya adalah pameran Meet Vincent van Gogh Experience yang telah hadir di Beijing, Barcelona dan Seoul.

Kali ini, pameran interaktif tersebut bakal menyapa warga kota London. Ekshibisi yang hadir dalam bentuk instalasi multimedia interaktif ini akan diselenggarakan mulai 7 Februari 2020 hingga 21 Mei 2020 di Upper Ground, South Bank, London. Tiketnya dibanderol mulai dari Rp330.000.

Ekshibisi canggih tersebut seolah meramu kolaborasi kreatif antara seni, sains, dan teknologi. Pengunjung diajak untuk melihat karya fenomenal sang seniman yang dipandu audio serta dihidupkan oleh komputer yang diproyeksikan ke dinding dan lantai—sehingga para pengunjung seolah dapat memegang karya dan berjalan di atasnya. Nantinya, mereka juga dapat melewati momen-momen dan lokasi penting dalam kehidupan Van Gogh, termasuk masa kecilnya di Belanda.

Pameran yang juga menampilkan perjalanan Van Gogh sebagai seniman ini mempersilakan pengunjung untuk menyentuh karya, duduk di meja Potato Eaters hingga mengeksplorasi Yellow House. Bahkan, mereka bisa berswafoto di dalam instalasi kamar tidur Vincent van Gogh dan ikut kelas melukis. meetvincent.com

Menikmati karya-karya fenomenal Andy Warhol yang disajikan dalam beragam instalasi menarik.

Andy Warhol
Tate Modern, London
12 Maret – 6 September 2020
Andy Warhol merupakan sosok seniman jenius pelopor aliran seni Pop Art yang memanfaatkan simbol dan gaya visual yang berasal dari media populer seperti surat kabar, televisi, iklan, dan media sosial. Sepanjang hidupnya, seniman nyentrik asal Amerika Serikat ini terobsesi dengan selebriti dan budaya konsumerisme. Sehingga, Warhol kerap menciptakan visual yang mudah dipahami, namun tetap memiliki karakter ekspresif yang disajikan dengan warna-warna menarik. Dua karya ikoniknya adalah Campbell’s Soup Cans (1962) dan The Shots Marilyns (1964).

Berupaya mengajak masyarakat untuk menyelami rangkaian karya Andy Warhol, Tate, sebuah lembaga seni Inggris berencana bakal menggelar pameran sang seniman kelahiran New York ini. Ekshibisi yang berlangsung mulai 12 Maret hingga 6 September 2020 mendatang akan diselenggarakan di Tate Modern, London.

Melalui pameran seni ini, para pengunjung diajak untuk melihat karya-karya langka sang seniman. Mulai dari Campbell’s Soup Cans (1962), Marilyn Diptych (1962), hingga instalasi Silver Clouds (1966) berupa balon-balon metalik yang ada di dalam sebuah ruangan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati karya seni canggih bernuansa psikedelik Exploding Plastic Inevitable (1966-1967) yang diiringi lagu Velvet Underground. tate.org.uk

Tags : eventsLondon
Comments