3 Aktivitas Seru untuk Pencinta Olahraga di Selandia Baru

Cara terbaik melihat keindahan alam Selandia Baru adalah dengan bersepeda.

Wisata olahraga (sports tourism) menjadi salah satu sektor yang paling cepat berkembang di industri pariwisata. Berolahraga sambil liburan telah menjadi gaya hidup. Di Indonesia sendiri, kompetisi olahraga—baik untuk tujuan senang–senang maupun serius—mulai menjamur, terutama di daerah yang terkenal dengan pesona alam dan budaya khas Indonesia, seperti Bromo Marathon dan Bali Marathon.

Salah satu destinasi sports tourism yang sering disambangi wisatawan dunia adalah Selandia Baru. Memiliki pemandangan menakjubkan dan lanskap yang beragam—serta tidak terlalu jauh dari Indonesia—reputasi Selandia Baru sebagai kawasan berlibur bagi turis WNI kian meroket. Taman nasional, wisata gua, air terjun, serta aneka danau cantik adalah magnet utamanya dalam memikat turis. Berikut tiga aktivitas menarik untuk pencinta olahraga di Selandia Baru:

Bersepeda
Cara terbaik melihat keindahan alam Selandia Baru adalah dengan bersepeda. Pelancong dapat menikmati alam pegunungan dan pedesaan di negara yang memiliki jalur sepeda sepanjang 2.500 kilometer tersebut. Dengan menggunakan alat transportasi kayuh tersebut, turis bisa memilih untuk bersepeda di medan yang beragam, seperti jalan kota di Wellington atau mengunjungi perkebunan anggur maupun bukit-bukit dengan pemandangan menakjubkan. Mulai dari Timber Trail dan mengunjungi hutan tua Pureora Forest, bersepeda ke sekitar Danau Rotorua, dan berendam air hangat di Te Ranga Thermal River. Menariknya, pada 25 Oktober 2019 mendatang, Negeri Kiwi ini kembali menggelar Rotorua Bike Festival. Di sini, pengunjung dapat menikmati aneka makanan lokal hingga belajar tentang seni dan budaya Māori.

Mendaki Gunung Aoraki, gunung tertinggi di Selandia Baru akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Panjat Tebing
Salah satu aktivitas paling populer di Selandia Baru adalah panjat tebing. Di sini juga tersedia beragam medan panjat tebing berbeda, mulai dari pemula hingga profesional. Jika Anda berlibur di Pulau Selatan, cobalah mendaki di Wildwire Wanaka yang menjadi pendakian air terjun tertinggi di dunia. Jangan lupa juga untuk menjelajahi danau tersembunyi. Tempat lain yang bisa dikunjungi adalah Gunung Aoraki. Sebagai gunung tertinggi di Selandia Baru, kawasan ini bisa memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Baca juga: Urus Visa Selandia Baru Lebih Mudah; Liburan ke Selandia Baru Kini Kena Pajak

Rangitoto Summit Track, rute paling populer di Pulau Rangitoto,

Lari
Memiliki cuaca sejuk, udara segar dan pemandangan yang indah, menjadikan Selandia Baru sebagai tempat yang tepat untuk jogging. Trek paling populer di Pulau Rangitoto adalah Rangitoto Summit Track dengan jarak 3 kilometer dan ketinggian 245 meter. Jalur ini berhenti di puncak gunung berapi Rangitoto. Di sini, wisatawan dapat menikmati pemandangan pusat kota Auckland dari atas ketinggian. Tempat menarik lainnya adalah Moke Lake Loop Track di Queenstown. Trek ini dikelilingi padang rumput, danau, dan empat gunung yaitu Gunung Crichton, Gunung Hanley di barat, Benmore Peak di utara, dan Ben Lomond Peak di timur. Selain itu, jalur ini menjadi rute Queenstown Marathon, festival lari internasional yang digelar setiap November.

Informasi selengkapnya, kunjungi Tourism New Zealand.

Comments