Menentukan hotel untuk liburan romantis tak semudah memilih penginapan untuk liburan keluarga. Beberapa faktor yang biasanya dipertimbangkan adalah suasana yang tenang, panorama yang memanjakan mata, hingga ketersediaan fasilitas pendukungnya yang mumpuni seperti ruang spa dengan opsi perawatan kelas dunia. Kami memilih 20 hotel di Asia dan Australia yang ideal untuk liburan romantis Anda tahun ini:

mandapa ubud, hotel romantis
Kolam renang di akomodasi tipe vila Mandapa Ubud. (Model: Nic Thompson; Foto: Ronald Liem)

Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve
Saat dibuka pada September 2015, Mandapa menyita perhatian para pelancong dunia. Bukan hanya karena ia merupakan properti Ritz-Carlton Reserve pertama di Indonesia, namun juga karena keindahan properti dan panoramanya.

mandapa ubud, hotel romantis
Interior suite dengan balkon privatnya yang menatap alam asri Ubud.

Bersemayam di tepi Sungai Ayung di Ubud, interiornya yang cantik didesain oleh Jeffrey Wilkes yang menampilkan material kayu serta dipercantik dengan kriya dan lukisan apik yang menggambarkan alam dan budaya Bali.

mandapa ubud, hotel romantis
Bangunan megah di tepi sawah dan Sungai Ayung. (Model: Andrew Thomas/Ford Models; Foto: Ronald Liem)

Mandapa menawarkan 60 suite dan vila yang masing-masing menyajikan pemandangan hutan atau sawah. Akomodasi tipe suite dengan luas mulai dari 100 meter persegi sudah cukup mumpuni untuk liburan Anda, namun jika mendambakan privasi lebih, akomodasi tipe vila bisa menjadi pilihan. Tiap vila dicetak lapang dengan luas mulai dari 431 meter persegi serta dilengkapi dengan kolam renang privat.

mandapa ubud, hotel romantis
Kolam renang di area spa.

Untuk opsi kegiatan bersama pasangan, resor eksklusif ini menawarkan beragam aktivitas mulai dari tur dengan mobil Volkwagen klasik Type 181, piknik di gubuk tengah sawah, makan malam romantis di tepi Sungai Ayung, hingga perawatan spa berdua. ritzcarlton.com.

amanjiwo, hotel romantis
Kolam renang di Amanjiwo. (Foto: Martin Westlake)

Amanjiwo
Terkenal sebagai resor premium di Jawa Tengah dengan eksklusivitas mumpuni, Amanjiwo lokasinya hanya sekitar 10 menit berkendara dari Candi Borobudur. Berkat eksklusivitas dan kemewahan yang ditawarkan, konon resor ini kerap disinggahi beberapa selebriti dunia, termasuk di antaranya pasangan David dan Victoria Beckham.

amanjiwo, hotel romantis
Interior kamar berlapis marmer dan material kayu.

Amanjiwo dirancang oleh Ed Tuttle, arsitek asal Amerika Serikat yang juga menggarap Amanpuri di Phuket. Untuk Amanjiwo, Ed memetik inspirasi desainnya dari Candi Borobudur. Amanjiwo menaungi 31 suite yang ditata rapi berbentuk setengah lingkaran. Tiap suite dibangun dengan material marmer serta dilengkapi dengan teras, taman luas, serta paviliun menatap lanskap hijau Bukit Manoreh, persawahan, atau Candi Borobudur. Tak hanya itu, beberapa suite juga dilengkapi kolam renang privat.

amanjiwo, hotel romantis
Restoran utama Amanjiwo.

Aktivitas di dalam resor yang ditawarkan cukup lengkap, namun yang paling digemari adalah pengalaman kuliner yang disuguhkan, mulai dari makan siang di restoran sembari melihat panorama elok hingga piknik dan sesi makan privat spesial. Amanjiwo juga menyediakan tur menyusuri desa sekitar termasuk mampir ke Candi Borobudur. Sebagai penutup, jangan lewatkan sesi spa Aman yang tersohor. aman.com.

hotel romantis, the andaman langkawi
Pantai privat panjang yang menjadi salah satu daya tarik The Andaman.

The Andaman, a Luxury Collection
Resor ini bersarang di Teluk Andaman, sekitar 30 menit berkendara dari Bandara Internasional Langkawi. Usai dibawa melewati jalanan berkelok-kelok membelah hutan, tamu akan tiba di The Andaman Langkawi yang menatap samudra dengan halaman pantai berpasir putih.

hotel romantis, the andaman langkawi
Kamar di The Andaman yang menyajikan panorama Teluk Andaman.

The Andaman Langkawi mengoleksi 178 kamar dan suite yang masing-masing mengusung desain perpaduan antara gaya tradisional Malaysia dan kontemporer. Tiap kamar dan suite dilengkapi matras khas Luxury Collection serta ruang duduk terpisah lengkap televisi, minibar, serta peralatan peracik teh dan kopi.

Karena lokasinya yang terpencil, The Andaman Langkawi menghadirkan pilihan kuliner yang mumpuni agar tamu tak bosan. Setidaknya ada enam gerai F&B dengan tawaran menu variatif, mulai dari seafood, internasional, hingga Jepang. Tamu yang menginap di sini juga dapat membunuh waktu dengan melakoni beragam aktivitas luar ruangan yang atraktif bersama pasangan, seperti trekking, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai yang termaktub di daftar pantai terindah di dunia versi National Geographic.

hotel romantis, the andaman langkawi
Balai spa untuk tamu berpasangan.

Salah satu aktivitas lain yang sayang dilewatkan adalah sesi spa di V Botanical Spa yang menawarkan sesi spa di vila dengan pemandangan Laut Andaman yang elok. marriott.com.

amanemu, hotel romantis
Onsen atau pemandian air panas alami di Amanemu.

Amanemu
Amenemu merupakan intepretasi modern dari ryokan, penginapan tradisional Jepang. Didesain oleh arsitek Kerry Hill, Amanemu mengombinasikan gaya modern minimalis nuansa Jepang yang kental. Inspirasi desainnya dipetik dari rumah era Edo. Namun alih-alih menggunakan jerami, atapnya diganti genteng yang merupakan simbol dari ombak. Resor Aman pertama di Jepang ini terletak di Taman Nasional Ise-Shima. Untuk menjangkaunya, Anda bisa menggunakan kereta dari Bandara Internasional Chubu Centrair di Nagoya atau Bandara Internasional Kansai di Osaka.

amanemu, hotel romantis
Kamar di Amanemu dengan desain interior mengadopsi gaya tradisional Jepang.

Amanemu memayungi 24 suite dan empat vila dua kamar tidur yang dicetak menatap hutan atau Teluk Ago. Memasuki kamarnya, tamu seketika akan mengenali nuansa Jepang yang kental lewat penggunaan material kayu dan bambu serta desain pintu gesernya. Tiap kamar dilengkapi dek dengan daybed serta bathtub yang terbuat dari batu basalt guna menciptakan sensasi seperti berendam di onsen.

amanemu, hotel romantis
Bathtub di dalam kamar yang desainnya terinspirasi onsen.

Aktivitas yang ditawarkan di Amanemu mencakup tur ke berbagai objek wisata mulai dari Ise Grand Shrine hingga trekking ke Kumano Kodo—jalur ziarah yang tercantum dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain itu, jika malas meninggalkan resor, Amanemu juga dilengkapi dengan Aman Spa seluas 2.000 meter persegi lengkap dengan kolam, pemandian air panas, serta pusat kebugaran.

amanemu, hotel romantis
Interior ruang spa yang elegan.

Untuk urusan kuliner, Amanemu menawarkan The Restaurant, tempat makan yang menyajikan hidangan-hidangan khas Jepang yang bahannya dipasok oleh petani-petani lokal, termasuk daging sapi Matsusaka dan hasil laut. aman.com