20 Destinasi Favorit di 2020 Versi Airbnb

Situs pemesanan akomodasi, Airbnb, merilis data yang menunjukkan tren peningkatan kunjungan ke sejumlah destinasi yang belum terjangkau radar turis arus utama di dunia. Data tersebut dihitung berdasarkan peningkatan jumlah pesanan akomodasi ke destinasi-destinasi tersebut. Setidaknya ada 20 destinasi di dunia yang mengalami peningkatan pesat.

Daftar kotanya pun variatif, mulai dari kota industrial seperti Milwaukee dan Guadalajara hingga kota-kota yang akan menggelar ajang kolosal kelas dunia seperti Olimpiade, kompetisi selancar, hingga peluncuran Mars Exploration Program.

Berikut 20 kota tersebut:

airbnb milwaukee
Sungai Milwaukee yang membelah kota. Di sepanjang sungai ini, turis dapat menyusuri Riverwalk.

1. Milwaukee, Amerika Serikat
Peningkatan pemesanan: 729 persen.
Peningkatan fantastis tersebut disebabkan oleh hadirnya Democratic National Convention pada 13-16 Juli 2020. Dari sisi pariwisata, kota ini dianugerahi panorama cantik Danau Michigan serta koleksi restoran dan bar di bantaran danaunya. Milwaukee juga merupakan surganya olahraga sepeda lintas alam dengan trek membentang kurang lebih 170 kilometer.

2. Bilbao, Spanyol
Peningkatan pemesanan: 402 persen.
Kota ini masuk di jalur wisata di Spanyol setelah Guggenheim Museum membuka cabangnya di sana pada 1997. Sejak itu, kota di Basque tersebut bertransformasi menjadi hub budaya dan seni serta menyabet penghargaan European City of The Year pada 2018. Kami pernah mengunjunginya dan ceritanya bisa Anda baca di sini.

Airbnb cape canaveral
Kompleks kuil kuno di Buriram.

3. Buriram, Thailand
Peningkatan pemesanan: 383 persen.
Kota ini dikenal sebagai tempat terbaik untuk melihat peninggalan Kekaisaran Khmer. Salah satunya di antaranya adalah kompleks Phanom Rung yang tak kalah megah dibandingkan Angkor Wat. Nama kota ini mencuat pada 2018 setelah MotoGP menggelar balapan di Chang International Circuit. Ajang balap motor dunia tersebut akan kembali lagi ke Buriram pada Maret 2020.

4. Sunbury, Australia
Peningkatan pemesanan: 356 persen.
Kota di sisi utara Melbourne ini terkenal dengan panorama alamnya, koleksi tempat pengolahan wine, serta arsitektur bangunan-bangunannya yang bergaya Victoria.

airbnb romania
Gereja tua di pedesaan Romania.

5. Romania
Peningkatan pemesanan: 356 persen.
Negara ini memiliki banyak perbukitan cantik dan desa kuno. Romania juga merupakan tempat terbaik untuk menemukan hutan perawan di Eropa.

6. Xi’an, Tiongkok
Peningkatan pemesanan: 255 persen.
Bagi pencinta sejarah, kota ini terkenal akan koleksi ratusan tentara terakota yang ditemukan oleh sekelompok petani pada 1974. Pada 2020, pemerintahnya berencana untuk merilis 30 trek tur malam hari yang menyambangi pasar malam dan beragam pentas.

Airbnb eugene
Panorama kota Eugene dengan latar pegunungan. Di kota ini, lahir perusahaan multinasional besar, salah satunya Nike.

7. Eugene, Amerika Serikat
Peningkatan pemesanan: 213 persen.
Eugene merupakan tempat lahirnya perusahaan global—salah satunya Nike. Kota di negara bagian Oregon ini juga dikenal sebagai destinasi kuliner. Rencananya, Eugene akan menjadi kota bebas karbon pada 2020.

8. Luxembourg
Peningkatan pemesanan: 167 persen.
Luxembourg merupakan negara kecil lengkap dengan bangunan-bangunan tempo dulu. Ibu Kotanya, Luxembourg, ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1994. Kota ini cocok bagi pelancong yang menggilai kastel, pegunungan, desa dengan penduduk ramah, serta wine. Pada 2018, ia juga menghapuskan biaya transportasi publik.

Airbnb guadalajara
Bangunan kuno di pusat kota Guadalajara.

9. Guadalajara, Meksiko
Peningkatan pemesanan: 158 persen.
Lebih santai dibanding Mexico City, Guadalajara menawarkan daya tarik gedung-gedung kolonial di distrik hipster Chapultepec hingga beragam festival dan museum.

10. Vanuatu
Peningkatan pemesanan: 140 persen.
Negara yang tersusun oleh lebih dari 80 pulau ini menawarkan aktivitas yang variatif, mulai dari treking ke gunung berapi hingga menyelam.

Tags : airbnb
Comments