Selain menggunakan pesawat, bepergian menggunakan kereta saat berada di luar negeri menjadi salah satu opsi menarik, terutama bagi turis WNI. Selain lebih praktis dan murah, sepanjang jalan, biasanya penumpang akan disuguhi panorama memikat.

Jika Jepang punya Japan Rail Pass, maka Eropa juga punya Eurail Global Pass. Pemegang Global Pass dapat bepergian ke beberapa negara di Eropa hanya dengan satu kali pembelian tiket dalam jangka waktu tertentu.

Menariknya lagi, mulai Januari 2020, Eurail Global Pass telah menambah dua negara baru yang dilalui oleh Eurail, yakni Latvia dan Estonia. Sehingga ada total 33 negara di Eropa yang dapat dijajahi menggunakan tiket all-in-one ini. Mulai dari Austria, Belanda, Belgia, Britania Raya, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Hungaria, Irlandia, Italia, Jerman, Kroasia, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Montenegro, Makedonia Utara, Norwegia, Polandia, Portugal, Prancis, Romania, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Turki, dan Yunani.

Baca juga: 6 Jalur Kereta Terpanjang Dunia

Penambahan dua negara baru tersebut juga merupakan pertama kalinya dalam 61 tahun sejarah Eurail. Latvia Eurail Pass dapat digunakan pada rute domestik di seluruh Latvia dengan operator lokal bernama Pasažieru vilciens melalui stasiun pusat di Riga. Sementara di Estonia, turis dapat menggunakan operator lokal Elron yang akan menghubungkan pemegang tiket dari Tallinn ke beberapa destinasi wisata populer di negara ini.

Menariknya lagi, pemegang Eurail Pass juga akan mendapatkan diskon perjalanan menggunakan kapal feri dari Riga ke Stockholm dan Jerman, atau dari Tallinn ke Stockholm dan Helsinki. Diskon tersebut juga berlaku untuk koneksi feri internasional sebesar 50 persen.

Ada dua pilihan tiket Eurail, yakni Continuous Pass untuk perjalanan tak terbatas selama 15 hari, dan Flexi Pass yang dapat digunakan tiga hari hingga seminggu dalam waktu satu bulan. Seperti Japan Rail Pass, Eurail Global Pass hanya dapat digunakan oleh warga non-Eropa

Informasi selengkapnya, kunjungi Eurail Global Pass.