Panorama udara kompleks Ayana Bali, properti dengan kamar terbanyak di Pulau Dewata. (Foto: Rio Helmi/Ayana)

Dalam situasi normal, tanpa Covid, Bali dikunjungi rata-rata 61.000 pelancong saban harinya. Dari jumlah itu, sekitar 2,5% turis bisa ditampung Ayana. Resor megah di Jimbaran ini mengoleksi 980 kamar.

Berdasarkan jumlah kamarnya, Ayana merupakan properti dengan kamar terbanyak di Bali. Dengan catatan: jumlah ini meliputi kamar di seantero kompleks, mencakup Ayana Resort, Ayana Villa, Rimba Jimbaran, serta sayap baru Ayana Segara yang akan dibuka tahun ini.

Pesaing terdekat Ayana ialah Grand Hyatt Bali dan Mulia Bali. Kedua resor di Nusa Dua ini sama-sama berisi lebih dari 600 kamar. Di peringkat berikutnya, ada Ayodya, juga di Nusa Dua, dengan koleksi kamar menembus 500 unit.

Selain nama-nama di atas, ada delapan hotel berisi sekitar 400-an unit kamar, plus delapan hotel lain berisi sekitar 300 kamar. Semua properti dalam liga hotel besar ini berada di kategori bintang lima.

Berdasarkan data BPS, Bali mengoleksi 403 hotel berbintang, yang secara kolektif menampung 46.000 kamar. Sekitar 20% dari jumlah kamar ini dipasok oleh 20 hotel. Dan seluruh 20 hotel gigantik ini tersebar hanya di empat kawasan: Kuta, Legian, Jimbaran, serta Nusa Dua.