Karimunjawa, taman nasional yang merangkap Cagar Biosfer. (Foto: Muhammad Fadli)

1. Ada berapa taman nasional di Indonesia?
Hingga pertengahan 2021, Indonesia mengoleksi total 54 taman nasional yang tersebar di 32 provinsi. Untuk melihat daftar lengkapnya, klik di sini. Dari 54 taman nasional itu, 37 di antaranya telah memiliki situs web.

2. Provinsi yang memiliki taman nasional terbanyak?
Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Timur berbagi gelar sebagai provinsi dengan taman nasional terbanyak. Masing-masing dihuni empat taman nasional.

Belantara Bali Barat, habitat burung ikonis jalak Bali. (Foto: Putu Sayoga)

3. Provinsi yang memiliki taman nasional paling sedikit?
Ada 13 provinsi yang sama-sama memiliki hanya satu taman nasional, contohnya Bali, Banten, Jakarta, serta Maluku.

4. Provinsi yang tidak memiliki taman nasional?
Kepulauan Riau dan Kalimantan Selatan. Walau begitu, keduanya telah memiliki kandidat: Kepulauan Tambelan (Kepri) dan Pegunungan Meratus (Kalsel).

Wakatobi, taman nasional terluas ketiga di Indonesia. (Foto: Rony Zakaria)

5. Taman nasional terluas?
Lorentz berada di puncak klasemen dengan luas 2,3 juta hektare, kira-kira empat kali luas Pulau Bali. Peringkat kedua terluas ialah Teluk Cenderawasih, disusul oleh Wakatobi.

6. Taman nasional terkecil?
Kelimutu memiliki luas 5.356 hektare, sedikit lebih luas dari Jakarta Pusat. Pesaing terdekatnya dalam hal ukuran terkecil ialah dua pegunungan yang bertetangga, Merbabu dan Merapi.

Baluran, taman nasional senior yang lahir pada 1980. (Foto: Johannes P. Christo)

7. Taman nasional tertua?
Pada 1980, Menteri Pertanian Soedarsono Hadisapoetro menetapkan lima taman nasional pertama di Indonesia, yakni Gunung Gede Pangrango, Komodo, Gunung Leuser, Baluran, serta Ujung Kulon.

8. Taman nasional termuda?
Pada 2016, tiga taman nasional diresmikan, yakni Gandang Dewata, Zamrud, serta Gunung Maras. Belum ada taman nasional baru lagi selepas 2016.

Komodo, taman nasional yang merangkap Situs Warisan Dunia. (Foto: Rizknas)

9. Taman nasional yang merangkap Situs Warisan Dunia?
Enam taman nasional rangkap tugas sebagai Situs Warisan Dunia, yakni Ujung Kulon, Komodo, Lorentz, serta trio bertetangga Gunung Leuser, Kerinci Seblat, dan Bukit Barisan Selatan. Tiga yang terakhir ini oleh UNESCO dirangkum sebagai Tropical Rainforest Heritage of Sumatra.

10. Taman nasional yang merangkap Cagar Biosfer?
Per 2020, Indonesia mengoleksi 17 Cagar Biosfer dengan 16 di antaranya berada di kawasan taman nasional. Satu-satunya Cagar Biosfer yang tidak merangkap taman nasional ialah Giam Siak Kecil-Bukit Batu di Riau.