Panorama Bangkok, kota yang akan membuka pintunya bagi turis asing pada 1 Oktober. (Foto: Jakob Owens)

Bangkok, kota dengan pengunjung terbanyak di dunia pada 2019, akan membuka kembali pintunya untuk turis asing. Merujuk pengumuman resmi pemerintah Thailand, gerbang perbatasan Bangkok dijadwalkan buka perdana pada 1 Oktober 2021. 

Untuk melawat Bangkok, pemerintah Thailand mensyaratkan turis asing sudah divaksin dan melakoni serangkaian tes sebelum dan setelah mendarat. Kriteria lebih detail akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang.

“Pembukaan kembali di Oktober ini akan diluncurkan bersamaan dengan pedoman ‘pencegahan universal’ terhadap Covid-19 yang telah disesuaikan,” jelas juru bicara pemerintah, Thanakorn Wangboonkongchana, seperti dikutip dari situs web TAT (Tourism Authority of Thailand). 

Wat Arun, situs sejarah di Bangkok. Bulan ini, sekitar 34% populasi Bangkok sudah menerima dua dosis vaksin. (Foto: Rey Melvin Caraan)

Bersamaan dengan pembukaan Bangkok, pemerintah Thailand berencana membuka akses pelancong asing ke empat destinasi wisata lain, yakni Chiang Mai, Chon Buri, Phetchaburi, serta Prachuap Khiri Khan.

Seluruh pembukaan pintu wisata ini merupakan bagian dari agenda pembukaan Thailand secara bertahap pada 2021. Sebelumnya, Juli silam, empat destinasi kepulauan—Phuket, Surat Thani, Krabi, dan Phang Nga—menyambut turis lewat skema yang dijuluki “Sandbox.” 

Keputusan Thailand membuka kembali perbatasannya dilandasi optimisme akan tren penurunan jumlah kasus Covid. Pada 18 Agustus, Negeri Gajah Putih mencatatkan 20.000 kasus, turun menjadi 14.000 kasus pada 10 September.

Baca Juga: Cara mudah menjawab vaksin Anda diterima di negara mana

Kendati begitu, Thailand masih menghadapi tantangan besar untuk memulihkan kepercayaan turis. Pasalnya, komposisi warga yang sudah divaksin masih di bawah standar herd immunity. Per 10 September, baru sekitar 17% populasi negeri ini yang telah menerima dua dosis vaksin. Khusus Bangkok, hanya 34% warga yang sudah komplet divaksin. 

Kolam renang di Anantara Chiang Mai. Bersamaan dengan Bangkok, Chiang Mai akan menyambut turis asing mulai 1 Oktober. (Foto: Irene Iskandar)

Jika sukses dengan pembukaan Bangkok, Thailand akan memulai babak pariwisata di 21 destinasi lain mulai pertengahan Oktober. Tempat yang tercantum dalam daftar ini antara lain Chiang Rai, Lamphun, Kanchanaburi, serta Ayutthaya.

Di tahap berikutnya, Januari 2022, Thailand akan meluncurkan “travel bubble” antara 13 provinsinya dengan sejumlah negara tetangga. Dengan begitu, total ada 43 provinsi di Thailand yang telah resmi menerima kembali turis asing.Cristian Rahadiansyah