Amalgamasi di Sentosa

  • Balkon-balkon berhiaskan warna jambon.

    Balkon-balkon berhiaskan warna jambon.

  • Tampilan lift yang sangat artistik.

    Tampilan lift yang sangat artistik.

  • Instalasi seni bunga anggrek sebagai penghormatan atas bunga nasional Singapura.

    Instalasi seni bunga anggrek sebagai penghormatan atas bunga nasional Singapura.

  • Kolam renang yang dilengkapi speaker bawah air.

    Kolam renang yang dilengkapi speaker bawah air.

Click image to view full size

Kendati tampilannya merujuk standar global, W pertama di Singapura punya sentuhan lokal yang membuatnya memikat.
Oleh Harry Jacques

—LOKASI W Singapore-Sentosa Cove dirancang oleh dua firma arsitektur, Rockwell Group dari New York dan WATG asal London. Hotel berisi 240 kamar ini berlokasi di timur Pulau Sentosa, sekitar 15 menit dari pusat kota. Dari kamar, tamu bisa menyaksikan menara-menara kondominium di tepi laut dan barisan yacht yang bersandar di marina.

—DESAIN Desain atraktif khas W diaplikasikan di sini, misalnya dalam wujud instalasi video dan air terjun LED di dekat area resepsionis. Meski gayanya mengikuti standar global, hotel bernuansa jambon dan ungu ini menawarkan sentuhan berbeda dalam bentuk karya-karya seni berkualitas tinggi di ruang publik. Yang paling tersohor adalah Amaryllis in Vase, lukisan yang dulu dihadiahkan David Hockney kepada Elizabeth Taylor. Lukisan ini dipinjam-kan oleh Cecilia Kwek, istri pemilik W Singapore. Karya lain yang juga memikat adalah lukisan Cathedral Print karya Damien Hirst, Kiku dari Andy Warhol, dan patung Jugenstill buatan Arman Fernandez.

—KAMAR Tipe terkecil berukuran 40 meter persegi dan menampilkan amenity khas W: rainforest shower, peranti audio Bose, mood lighting, serta Munchie Box berisi camilan (termasuk oksigen dalam kaleng, barangkali untuk tamu yang ingin mengembalikan vitalitas tubuh). Walau mungkin tak cocok bagi semua orang, aksen-aksen eksentrik di interior sukses menghidupkan suasana, contohnya instalasi kepalan tangan yang melekat di tembok dan cermin yang dihiasi kumis detektif Hercule Poirot. Satu elemen aksen yang cerdas adalah motif anggrek di panel headboard kasur—sebuah apresiasi bagi bunga nasional Singapura.

—KULINER Desain hotel barangkali hanya memuaskan sebagian orang, tapi dua restorannya berniat merangkul khalayak seluas mungkin. Di Kitchen Table terdapat sejumlah live cooking station yang meracik menu India, Jepang, Cina, dan masih banyak lagi. Sedangkan di Skirt, menu-menu daging andalan memakai bahan yang diimpor dari berbagai negara, termasuk Argentina. Setelah melewati proses dry-aging di hotel, daging diolah memakai teknik barbeku di bawah pengawasan Executive Chef Matthew Woolford, mantan koki W Retreat Koh Samui. Satu kreasinya yang layak dicoba: steik Australian Wagyu.

—FASILITAS Away Spa adalah wadah yang ideal untuk menyepi dari ingar-bingar. Silakan coba kursi dengan vibrator di lounge sisi outdoor atau masuki ruangan yang dilengkapi dry flotation. Di luar area pusat kebugaran dan spa terdapat kolam renang luas yang cocok untuk bersantai, baik di tepinya atau di dalamnya, berhubung kolam ini dilengkapi lebih dari 20 speaker bawah air, ditambah kabana privat dan swim-up bar.

—BELANJA Selain produk internal dan koleksi merek internasional, W The Store menjajakan busana karya perancang lokal—cara yang apik untuk mempromosikan aset Singapura. Tas-tas karya desainer Jasmine & Lilac dan Ling Wu dibanderol antara $200-1.200. Jika penampilan kurang mencolok, dasi kupu-kupu bersepuh emas dari desainer lokal Carrie K bisa dibeli dengan uang $400. Toko yang terletak di posisi strategis dan tersambung dengan area resepsionis ini juga menjual perlengkapan unik hotel, contohnya cerek logam yang dipakai di restoran dan dibuat oleh studio Stelton asal Kopenhagen.

—JANGAN LEWATKAN Tur keliling kota dengan tema desain dan arsitektur bisa dipesan melalui layanan personal concierge Whatever/Whenever. Paket yang membuka wawasan ini adalah buah dari antusiasme Sheena Koo, “agen intelijen” W, yang menyewa arsitek lokal Lloyd Ng untuk mendapatkan pengetahuan tentang lanskap arsitektur kota. Program semacam ini memperlihatkan dimensi lain dari Singapura, sekaligus memberi alasan tambahan bagi publik untuk menginap di W Singapore.

—INFO LAIN Sejak dibuka di akhir 2012, magnet utama W adalah beragam acara dan pameran yang melibatkan aktor lokal maupun interna-sional. Michaelangelo L’acqua, mantan direktur musik Gucci, kini bertanggung jawab merekrut bibit-bibit berbakat ke dalam DJ Lab Global Tour milik W. Woobar cabang Singapura pernah menggelar pentas DJ asal Berlin, Los Angeles, dan Seoul. Koleksi foto Madonna hasil jepretan Richard Corman juga pernah dipamerkan di sini selama sebulan, sebelum kemudian diboyong ke W Paris. Acara-acara bergengsi semacam ini sepertinya bakal terus diselenggarakan di W Singa-pore guna memikat publik.

21 Ocean Way, Sentosa Island; 65/6808-7288; wsingaporesentosacove.com; doubles mulai dari $390.



Related Posts

2804 Views

Book your hotel

Book your flight