5 Lomba Lari di Asia Bulan Ini

Rute Hanoi International Heritage Marathon melewati kawasan bersejarah di Hanoi.

Lari kini bukan sekadar olahraga, namun sudah menjadi gaya hidup. Ajang lari kini sudah menjamur terutama di daerah yang terkenal dengan pesona alam dan budaya lokal. Berikut kompetisi lari di wilayah Asia yang bisa Anda coba bulan ini:

Hanoi International Heritage Marathon
Jadwal: 21 Oktober 2018
Lokasi: Hanoi, Vietnam
Dimulai dan berakhir dari Ly Thai To Park, lomba lari ini menawarkan medan yang menguras stamina sambil belajar sejarah. Merupakan ajang lari pertama yang melewati kota-kota tua yang kaya akan nilai-nilai budaya hingga mengenal kehidupan Hanoians. Selain itu, Hanoi International Heritage Marathon juga berhasil menghubungkan tiga daya tarik sejarah utama Hanoi yaitu Ho Guom, Hồng Hà dan West Lake. hanoiheritagemarathon.com.

Putrajaya Night Marathon yang digelar mulai dari pukul 8 malam ini merupakan salah satu ajang lari favorit kaum milenial. (Foto: RunSociety)

Putrajaya Night Marathon
Jadwal: 27 Oktober 2018
Lokasi: Putrajaya, Malaysia
Hingga akhir September lalu, tercatat ada 15.000 orang yang telah mendaftar dalam salah satu lomba lari terbesar di Malaysia ini. Kompetisi tersebut dianggap menarik karena dilaksanakan pada malam hari mulai pukul 20:00 waktu setempat. Memiliki empat kategori utama: Full Marathon, Half Marathon, 10K, dan 5K Race for The Kids (Family & Friends). home.hooha.asia.

Selain Full Marathon, Yokohama Marathon juga menyediakan lomba lari khusus pengguna kursi roda.

Yokohama Marathon
Jadwal: 28 Oktober 2018
Lokasi: Yokohama, Jepang
Acara lari tahunan untuk pria dan wanita yang menyediakan Full Marathon dan marathon untuk pelari berkursi roda. Tahun ini, tercatat kurang lebih 28.000 orang yang akan berpartisipasi.  Rute Yokohama Marathon dimulai dari Minato Mirai Ohashi, Sankeien Garden, dan Bayside Marina sebelum kembali menuju Pacific Yokohama. yokohamamarathon.jp.

Baca juga: 4 Lomba Lari Pilihan PelariPesona Kota Bandar Yokohama

Berbeda dari tahun lalu yang dimulai dari Monas, kali ini, Jakarta Marathon bakal dilaksanakan di Gelora Bung Karno. (Foto: RunSociety)

Jakarta Marathon
Jadwal: 28 Oktober 2018
Lokasi: Jakarta, Indonesia
Sejak awal digelar pada 2013 silam, ajang marathon internasional pertama di Indonesia ini rutin diadakan tiap tahun pada minggu terakhir Oktober. Diikuti oleh puluhan ribu pelari dalam dan luar negeri, kali ini, Jakarta Marathon 2018 bakal mulai dan berakhir di Gelora Bung Karno. Seperti tahun-tahun sebelumnya, lomba tersebut kembali terbagi dalam lima kategori: Maratoonz, 5K, 10K, Half Marathon, dan Full Marathon. Jakarta Marathon juga dimeriahkan dengan beragam festival budaya dan pertunjukan musik. thejakartamarathon.com.

Di Himalayan 100 Mile Stage Race, sepanjang jalan, peserta akan ditemani pemandangan Pegunungan Himalaya yang memikat. (Foto: Running Ultramarathons)

Himalayan 100 Mile Stage Race
Jadwal: 28 Oktober-1 November 2018
Lokasi: Darjeeling, India
Salah satu ajang lari terbesar di dunia ini kembali digelar untuk yang ke-28 kalinya. Kompetisi sepanjang 161 kilometer tersebut menawarkan pemandangan memikat, mulai dari Gunung Everest, Lhotse, Makalu, dan Kanchenjunga. Himalayan 100 Mile Stage Race ini dibagi menjadi tiga kategori: 10K, marathoner, dan ultramarathon. Meskipun terdengar ekstrem, siapapun—bahkan anak-anak—dapat mengikuti perlombaan paling ramah lingkungan ini. himalayan.com.

Tags : listsmarathon
Comments