3 Hotel Baru Nusa Dua

Dari 33 hotel yang dibuka di Bali di 2012, lima berlokasi di kawasan Nusa Dua. Kami mengunjungi dan mengulas tiga di antaranya: Amarterra, The Mulia, dan Mercure.

The Mulia Bali
Marmer asal Brazil di ruang penerima tamu, lampu kristal buatan Ceko di plafon ballroom, dan televisi 3D di kamar tipe suite. Cukup membuka pintu kloset, seat cover toilet akan terangkat secara otomatis—lalu tertutup setelah Anda beranjak. Mengklaim dirinya sebagai hotel bintang enam, The Mulia Bali adalah penginapan dengan standar fitur yang sulit ditemukan tandingannya di tingkat nasional.

Kamar tipe The Duke Suite dilengkapi jacuzzi di patio-nya. (Foto: The Mulia Bali)

Hotel terluas yang dibuka di Indonesia di sepanjang 2012 ini memiliki nama lengkap The Mulia, Mulia Resort & Villas. Di dalamnya termaktub tiga jenis akomodasi—The Mulia yang menampung 111 suite, Mulia Resort (526 kamar dan suite), serta Mulia Villa (108 vila dengan ukuran terkecil 505 meter persegi)—ditambah tujuh kolam renang, sebuah ballroom berdaya tampung 2.500 delegasi, serta delapan outlet F&B. Seluruhnya tersebar di lahan seluas 30 hektare yang terbelah jalan umum. Vila bertaburan di lereng bukit, sedangkan suite dan resor di dekat Pantai Geger.

Sentuhan Bali di The Mulia Bali relatif minim. Hotel ini terlihat mengadopsi karakter Mulia Senayan. Seragam karyawan, cara menyambut tamu, dan aksesori interior, terlihat senada dengan versi Senayan. Yang membedakan keduanya hanyalah nuansa warna bangunan: cabang Bali menggunakan marmer yang lebih cerah. “Banyak orang sudah percaya pada merek Mulia,” jelas Andry Kurniawan, Communications Manager The Mulia Bali.

Seperti Mulia Senayan, The Mulia Bali mengandalkan paket pernikahan. Sebelum diresmikan pada 1 Desember silam, hotel ini sudah menerima 16 order resepsi, padahal waktu itu wedding chapel masih di tahap perampungan. Berkat daya tampung yang mumpuni, keluarga mempelai dan tamu bisa menginap di satu tempat.

Juga seperti Mulia Jakarta, hotel dengan 24 koki ini memiliki paket buffet yang atraktif. Meski harga kamar termurah $380, buffet dipatok bersahaja mulai dari Rp199.000 per orang, di luar minuman. Tapi mungkin tawaran paling menarik Mulia Bali adalah ZJ’s, kelab malam premium pertama di kawasan Nusa Dua.

Menghadap laut dan dilengkapi jacuzzi untuk berendam. (Foto: The Mulia Bali)

Bagi Anda yang menyukai kesederhanaan tradisional khas Bali, hotel berukuran kolosal ini mungkin terkesan intimidatif. Tapi bagi traveler yang mencari tafsir berbeda atas kemewahan, terutama mereka yang menyukai konsep Mulia Jakarta, The Mulia Bali jelas layak dipilih. Setidaknya, pada 31 Desember silam, The Mulia Bali berhasil menawarkan metode segar untuk merayakan pergantian tahun di Pulau Dewata: konser Adam Lambert. Jl. Raya Nusa Dua Selatan, Kawasan Sawangan, Nusa Dua; 0361/302-7777; themulia.com