Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) resmi mengumkan bahwa pihaknya bakal meluncurkan Travel Pass digitalnya di platform Apple mulai 15 April 2021, kemudian diluncurkan di Android.

Aplikasi verifikasi kesehatan digital tersebut telah dikembangkan sejak tahun lalu, dengan peluncuran awalnya dijadwalkan untuk kuartal pertama tahun ini. Singapore Airlines (SIA) resmi menjadi maskapai penerbangan pertama di dunia yang melakukan uji coba aplikasi seluler Travel Pass International Air Transport Association (IATA) untuk verifikasi kesehatan digital, dimulai dengan penumpang yang melakukan perjalanan dari Singapura ke London dari 15 hingga 28 Maret 2021 silam.

Penumpang dapat mengunduh aplikasi IATA Travel Pass, kemudian membuat ID digital yang terdiri dari foto profil dan informasi paspor mereka. Mereka juga dapat memasukkan informasi penerbangan mereka ke dalam aplikasi.

Selanjutnya, mereka dapat memesan tes Covid-19 sebelum keberangkatan, kemudian mendaftar di klinik menggunakan ID digital dan informasi penerbangan yang tertera pada aplikasi. Hasil tes dapat dilihat langsung di aplikasi beserta dengan status konfirmasi untuk perjalanan. Data-data di Timatic IATA akan menginformasikan tentang pengujian Covid-19 dan persyaratan masuk. Penumpang harus menunjukkan status terkonfirmasi untuk melakukan verifikasi apakah mereka memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan mereka melalui status ‘OK to Travel’ kepada staf check-in sebelum keberangkatan.

Baca juga: Singapore Airlines Uji Coba Aplikasi IATA Travel Pass

Setelah Singapore Airlines, ada beberapa maskapai penerbangan telah mendaftar untuk uji coba dalam beberapa minggu dan bulan mendatang, termasuk Qatar Airways, Air Baltic, Air New Zealand, Japan Airlines, All Nippon Airways, Hong Kong Airlines, Malaysia Airlines, Rwandair, dan Virgin Atlantic.

Informasi selengkapnya, kunjungi IATA.