8 Vila Privat di Bali

Paviliun The Istana yang menyuguhkan area barbeku dan panorama laut selatan Bali dari atas tebing.

The Istana
Dalam liga kawasan paling romantis di Bali, Uluwatu bertengger di klasemen puncak. Di tempat inilah Istana bercokol untuk menawarkan ruang pesta, rumah liburan, juga wadah resepsi. Pesisir selatan Bali punya sihir yang tak pernah lelah memukau mata. Suguhannya serupa saban hari, tapi tetap terasa dramatis: prosesi tenggelamnya mentari, parade perahu nelayan, atraksi peselancar. Semuanya bisa ditonton dari tebing yang menantang ombak Samudra Hindia. Hadirnya Istana pada 2002 menawarkan cara baru untuk menikmati panorama tersebut: sembari berenang di kolam, seraya menikmati afternoon tea.

Istana merupakan salah satu properti perintis di kategori vila butik privat. Gaya Bali kontemporer yang diusungnya ramai dirujuk pemain lain. Vila ini dirancang oleh Fredo Taffin, arsitek Prancis yang lihai meracik struktur berbahan natural dan memadukannya secara harmonis dengan alam tropis. Dari tangannya pula lahir nama-nama besar sekaliber Ku De Ta dan The Edge.

Anggota senior dalam keluarga Elite Havens ini mengoleksi lima kamar, salah satunya ditempatkan di bangunan terpisah yang dilengkapi kolam renang privat. Dibandingkan tetangganya, Istana mematok tarif yang cukup menguras kocek. Tapi dengan rasio jumlah tamu dan staf yang impresif (satu tamu dilayani dua-tiga orang), properti ini menjanjikan servis personal dengan velositas yang memuaskan.

Setelah 13 tahun beroperasi, Istana memang tak lagi sendirian di tebing selatan Bali. Jalan Pantai Suluban di depannya bahkan mulai menyaingi Sunset Boulevard. Vila-vila mewah berjejer saling merangkul bahu, kadang hanya terpisahkan oleh selembar dinding. Mereka saling bersaing menawarkan panorama spektakuler bertarif ribuan dolar.

Tapi Istana masih punya fitur-fitur impresif yang membuat buku reservasinya selalu sibuk. Dalam naungan atap sirap, vila ini menawarkan ruang permainan berisi PlayStation 3 dan meja biliar ukuran standar yang langka di Bali. Jika banyak vila privat menggunakan jasa terapi spa on-call, Istana menyiapkan satu staf in-house. Fitur lainnya adalah ruang hiburan dengan proyektor, bale untuk sesi barbeku, serta bar yang menatap kolam infinity sepanjang 32 meter.

Dapur The Istana menawarkan buku menu dengan standar restoran, fenomena langka untuk vila privat.

Dapurnya dikonsep layaknya restoran. Menunya sangat variatif, termasuk untuk sarapan. Tak banyak vila yang memiliki standar servis semacam ini. Satu lagi fasilitasnya yang fungsional adalah satu unit Alphard yang siaga delapan jam per hari, guna mengantarkan tamu hingga kawasan Seminyak atau Kuta. Tarif mahal Istana agaknya sepadan dengan tawarannya.

Istana juga memiliki padang rumput luas yang didedikasikan bagi hajatan berisi 150 tamu. Luas lahan vila ini mendekati 5.000 meter persegi, tapi hanya seperempatnya yang dipakai untuk bangunan. Di sudut-sudut taman dan atapnya terselip speaker Bose. Properti ini senantiasa siap dijadikan wadah pesta yang mengguncang di tebing selatan Bali.

Jl. Pantai Suluban, Uluwatu; 0361/769-8679; theistana.com; mulai dari $2.470, minimum 5 malam, mencakup sarapan, transfer bandara, kendaraan delapan jam per hari. Jumlah kamar: 5. Luas lahan: 4.906 meter persegi.

Comments