8 Vila Privat di Bali

Kiri-kanan: ruang bersantai dengan pemandangan laut lepas; ruang makan di Latitude dengan pemandangan menakjubkan.

Latitude
Dalam buku Bali by Design, vila ini dipuji atas kecerdikannya mengawinkan “prinsip Bernoulli dan efek Alhambra.” Latitude memanfaatkan banyak ventilasi besar untuk menetralisasi hawa terik dari laut. Berkat metode itu pula, suhu interior terjaga dan konsumsi listrik AC bisa dihemat.

Tapi Latitude bukan semata lahir dari semangat kearifan pada lingkungan. Mengusung desain kubus yang anggun, properti ini berniat memberi interpretasi segar atas konsep kemewahan di Bali. Latitude bertengger sekitar 90 meter di atas Pantai Pandawa, di bibir tebing yang ditaburi beragam vila. Namun, kontras dari tetangganya, Latitude mengusung gaya arsitektur yang menerbangkan imajinasi kita ke beach house kaum jet set di pesisir Yunani: kubus putih, kolam renang infinity, lereng cadas, laut lazuardi.

Latitude adalah representasi dari sosok Bali yang kian global. Bereksperimen dengan desain bukan hal tabu. Mengimpor khazanah asing tak lagi dipandang penistaan terhadap pakem. Lagipula, di tengah kompetisi vila yang ketat, kreatif merakit perbedaan adalah pilihan wajar. Lewat ikhtiarnya, Latitude berhasil memberi warna berbeda dalam lanskap arsitektur vila di Bali.

Vila ini dikerek pada 2007 di bawah supervisi KplusK Associates Hong Kong. Usai beralih ke pemilik baru, bangunannya dipermak oleh Padmadjaja Architect, sementara interiornya didandani oleh Valvonne. Pada 2012, Latitude tercantum dalam daftar vila terbaik di Asia Tenggara versi CNN Go. Seiring itu, para calon mempelai berdatangan.

Vila seluas 4.000 meter persegi ini memiliki area lapang untuk resepsi. Dengan sosok menyerupai vila-vila di Santorini, Latitude menawarkan secuil pengalaman bulan madu langsung di hari pernikahan. Kata staf resor, Happy Salma sempat menggelar salah satu pesta resepsinya di sini. Terakhir, Rizal Mantovani memilihnya sebagai lokasi syuting Supernova.

Kiri-kanan: Bangunan Latitude yang mengusung konsep minimalis modern; kolam renang di Latitude dengan dasar kaca yang tembus ke ruang karaoke.

Fiturnya yang paling menohok adalah kolam renang infinity yang megah: panjang 36 meter dan kedalaman maksimum 3,7 meter, menjadikannya salah satu kolam renang terdalam dan terpanjang di Pulau Dewata, bahkan lebih panjang dari kolam di vila terbesar di Banyan Tree Ungasan. “Kolam ini juga pernah dijadikan tempat latihan scuba diving,” ujar Nick Home, Villa Manager.

Ornamennya yang paling unik terletak di ruang hiburan, persis di bawah kolam renang. Ruangan intim ini memiliki sebidang kaca pada langit-langitnya. Seraya menikmati karaoke, tamu bisa menonton tubuh-tubuh yang berseliweran di atasnya. Kreasi seksi ini membuat Latitude lebih mirip Playboy Mansion cabang Ungasan. Hugh Hefner kini punya opsi akomodasi yang cocok untuk berlibur di Bali.

Jl. Karang Kembar, Ungasan; 0857-3771-0063; latitudebali.com; mulai dari $2.590, minimum 3 malam, mencakup sarapan dan transfer bandara. Jumlah kamar: 6. Luas lahan: 4.000 meter persegi.

Comments