Panorama hutan dari Bali Tower, The Menjangan. Kanan: Aktivitas berkuda di Taman Nasional Bali Barat. (Foto: Putu Sayoga)

The Menjangan, Bali
Taman Nasional Bali Barat menampung sekitar 15 persen hutan di Bali. Di sini pula The Menjangan didirikan pada 2002. Resor ini menaungi dua jenis hunian. Tipe kamar diselipkan di tengah rimba. Tipe kedua, favorit pasangan bulan madu, berbentuk vila kayu yang bersemayam di Pantai Sentigi. Untuk safari di hutan, tamu bisa mengambil paket trekking, sepeda, atau berkuda. Naik ke menara observasi Bali Tower, kita bisa menyapu pandangan ke hutan dari ketinggian 28 meter.

Jl. Raya Gilimanuk, Buleleng, Bali; themenjangan.com; Rp 2.128.875 per malam, tipe suite, periode menginap September 2022.

Tenda di Amanwana, resor glamping perintis di Indonesia, yang berlokasi di tepi hutan Pulau Moyo. (Foto: Steve Turvey/Aman)

Amanwana, Sumbawa
Saban pagi, resor di Pulau Moyo ini disatroni kawanan monyet. Sore harinya, belasan rusa berdatangan. Di antara monyet dan rusa, dulu, pernah hadir tamu-tamu agung seperti Putri Diana dan Pangeran Belanda. Kehadiran Amanwana pada 1993 menyadarkan banyak orang bahwa kawasan terpencil pun bisa menjadi magnet turis, setidaknya bagi mereka yang mendambakan privasi. Usai hiatus akibat pandemi, resor glamping perintis di Indonesia ini dibuka kembali pada September 2020.

Pulau Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat; aman.com; mulai dari $1.380 per malam, minimum tiga malam, tipe vila tenda, periode menginap September 2022.

Buahan, resor baru dari Banyan Tree, berlokasi di kawasan hutan Payangan, utara Ubud. (Foto: Buahan, A Banyan Tree Escape)

Buahan, a Banyan Tree Escape, Bali
Menginap di sini, tamu tak perlu beranjak dari kasur untuk mempraktikkan forest bathing. Maklum, vila-vilanya tak dilengkapi tembok dan pintu. Lokasinya di lereng berhutan di daerah Payangan, 20 kilometer di utara Ubud. Eksperimen berani dari Banyan Tree ini diresmikan Juni silam. Selain 16 vila, resor khusus dewasa ini menampung pondok-pondok spa, aula yoga, serta restoran yang mengandalkan menu berbahan tanaman lokal.

Jl. Banjar Selat, Gianyar, Bali; banyantree.com; Rp16.349.167 per malam, half-board, tipe vila, periode menginap September 2022.

Jalur menuju Omah Jati, vila rancangan Andra Matin. Kanan: Interior vila Omah Jati di tengah 1.800 pohon jati. (Foto: Cristian)

Omah Jati, Anyer
Hanya ada satu vila di Omah Jati. Kapasitasnya pun cuma dua orang. Vilanya dirangkai dari kayu, melebur alami dengan medan di sekitarnya: 1.800 pohon jati yang berbaris rapi seperti bulu sikat gigi. Vila privat ini dirancang oleh Andra Matin. Fiturnya antara lain jacuzzi, pengeras suara Devialet Phantom II, serta area bersantai di tepi kolam. Tidak ada TV di sini, tapi koneksi internet tersedia. Di belakang vila, menjulang menara pandang bertubuh batu. Omah Jati belum memasang tarif, karena properti ini memang belum dibuka untuk umum.

Desa Bandulu, Anyer, Kabupaten Serang, Banten; @omahjati_anyer

Rusa berkeliaran di pelataran vila di Plataran Menjangan, resor di Taman Nasional Bali Barat. (Foto: Plataran)

Plataran Menjangan, Bali
Dibuka pada Mei 2016, Plataran Menjangan adalah resor termuda di Taman Nasional Bali Barat. Kompleks ini menaungi vila-vila yang dibariskan di tepi hutan bakau dan menatap laut. Belum lama, tipe akomodasinya bertambah dengan kehadiran dua unit vila berisi dua kamar. Fasilitas resor ini antara lain Octagon Ocean Club, restoran Wantilan, serta kapal pinisi yang menawarkan pesiar senja ke Pulau Menjangan.

Jl. Raya Gilimanuk, Buleleng, Bali; plataran.com; Rp3.702.600 per malam, tipe vila, periode menginap September 2022.