Wisata Ketawa 2018

Tahun ini, salah satu festival komedi terbesar di dunia tersebut memasuki usia ke-31. (Foto: Emily Godfrey-Visit Victoria)

Melbourne International Comedy Festival

28 Maret-22 April  

Melbourne, Australia

Festival komedi terbesar di selatan khatulistiwa ini diluncurkan pada 1987. Meski durasinya hanya sekitar 26 hari, ajang ini memiliki program turunan yang berlangsung hampir sepanjang tahun. Kompetisi open mic RAW Comedy bergulir sejak Januari; Class Clowns digelar di sekolah-sekolah sepanjang tahun; sementara Roadshow melintasi banyak kota di Australia, lalu singgah ke sejumlah negara di Asia. comedyfestival.com.au.

Magners International Comedy Festival

Maret   

5 Kota di Asia

Festival anual ini senantiasa digelar di banyak kota sekaligus di Asia. Untuk episode 2018, Magners International Comedy Festival akan berlangsung di Singapura, Hong Kong, Manila, Ho Chi Minh City, serta Bangkok. Ajang ini biasanya juga diadakan berbarengan dengan festival komedi lokal di tiap kota tujuan. Tahun lalu misalnya, di Malaysia, mereka bekerja sama dengan LOL Fest. comedyfest.asia.

Parade jalanan saat festival komedi ini berlangsung. (Foto: Destination Canada)

Just for Laughs Festival

11-29 Juli  

Montreal, Kanada

Bagi pelawak, datang ke acara ini ibarat naik haji. Just for Laughs, festival komedi terbesar sejagat yang dirintis pada 1983, menyajikan antara lain teater, pemutaran film, parade jalanan, serta tentu saja monolog yang bertujuan membuat penonton terpingkal-pingkal. Beberapa bintang yang pernah tampil di sini adalah Jerry Seinfeld, Jim Carrey, serta Tim Allen. hahaha.com. (Bahkan alamat situsnya memaksa Anda tertawa.)

Lucy Comedy Fest

1-5 Agustus  

New York, Amerika Serikat

Nama lengkapnya The Lucille Ball Comedy Festival. Ajang tahunan ini tak cuma mementaskan dagelan, tapi juga membahas tren di industri komedi. Beberapa mantan bintang tamunya adalah Ellen DeGeneres, Jay Leno, Jerry Seinfeld, dan Ray Romano. Pergelaran ini dipusatkan di National Comedy Center, tempat yang merayakan kreativitas manusia dalam memicu gelak tawa. lucycomedyfest.com.

Suasana ramai Edinburgh Festival Fringe. (Foto: David Monteith Hodge)

Edinburgh Festival Fringe

3-27 Agustus  

Edinburgh, Skotlandia

Dirintis pada 1947, The Fringe bertujuan memulihkan kehidupan budaya di Eropa selepas Perang Dunia II. Pada 2017, pergelaran kolosal ini menampilkan lebih dari 3.000 pertunjukan, dan pentas komedi merupakan salah satu suguhan andalannya. Penghargaan khusus juga disediakan bagi pelawak yang paling kocak. Tahun lalu, Hannah Gadsby dan John Robins masing-masing menerima hadiah uang £10,000 (sekitar Rp180 juta). edfringe.com.



Comments

Related Posts

1563 Views

Book your hotel

Book your flight