Turis Bebas Pajak di Argentina

 Pemandangan menawan di pedesaan Cholila, provinsi Chubut.

Pemandangan menawan di pedesaan Cholila, provinsi Chubut.

Ada banyak alasan untuk mengunjungi Argentina: pemandangan menawan Iguazu Falls, hiking di El Chaltén, berkunjung ke kota koboi San Antonio de Areco, makanan lezat, dan tentu saja menikmati segelas wine Malbec. Daftar tersebut baru saja bertambah karena pemerintah Argentina mengumumkan bahwa mulai tahun ini, seluruh wisatawan mancanegara akan menerima pengembalian Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari biaya penginapan selama berada di Argentina.

Inisiatif pengembalian dana ini merupakan kerja sama antara otoritas pajak Argentina (AFIP) dengan Departemen Pariwisata, dan berlaku untuk semua bentuk akomodasi mulai dari hotel bintang lima, losmen, hingga resor di kebun anggur. Tak hanya itu, bahkan pajak yang akan dikembalikan termasuk pajak layanan restoran bila tagihannya sudah termasuk biaya penginapan. Misalnya, jika penginapan selama tiga malam di Vines Resort & Spa Mendoza termasuk sarapan menelan biaya sekitar Rp36.000.000, maka dengan penghapusan pajak ini, tamu akan mendapatkan korting lebih dari Rp6.000.000.

Alvear Palace Hotel, salah satu hotel bintang lima di kawasan Buenos Aires.

Alvear Palace Hotel, salah satu hotel bintang lima di kawasan Buenos Aires.

Mekanismenya tak sulit. Turis cukup menunjukkan paspor dan bukti pembayaran di kios-kios PPN. Syarat lainnya, transaksi hotel harus dilakukan menggunakan kartu kredit non-Argentina atau melalui transfer antar bank internasional. Kabar ini membawa angin segar bagi dunia pariwisata di Argentina, mengingat negara tersebut memiliki tarif PPN sebesar 21 persen—salah satu yang tertinggi di dunia.



Comments

Related Posts

3072 Views

Book your hotel

Book your flight