Tren Dunia Wisata 2018

Hal-hal yang memengaruhi dalam menentukan ke mana, kapan, dan bagaimana kita berwisata tahun ini.

(Video promo Olimpiade Musim Dingin 2018 oleh PyeongChang)

PERGELARAN

Pesta Olahraga
Dari 9-25 Februari, PyeongChang akan menggelar Olimpiade Musim Dingin, sementara Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia yang berlangsung dari 14 Juni-15 Juli. Di Indonesia, dua ajang akbar dalam kalender olahraga 2018 adalah Tour de Indonesia (24-28 Januari) dan Asian Games (18 Agustus-2 September) di Jakarta dan Palembang.

Pesta Kuliner
Bilbao telah lama tersohor sebagai destinasi kuliner, dan Juni tahun ini ia akan menjadi pusat berkumpulnya para “dewa dapur” lantaran terpilih sebagai lokasi malam penghargaan World’s 50 Best Restaurants. Versi Asia dari ajang tersebut, Asia’s 50 Best Restaurants, bakal menanggap malam penghargaannya di Makau pada 27 Maret. Taste Festival, ajang kuliner waralaba, telah melansir jadwal 2018 di mana Taste of Hong Kong bergulir dari 22-25 Maret.

Pesta Cahaya
Seiring perkembangan teknologi laser dan video mapping, festival cahaya pun makin kreatif dan marak. Di Belanda ada Amsterdam Light Festival (November) dan Glow Eindhoven (Novem-ber). Di Australia ada Vivid Sydney (25 Mei-16 Juni) dan Enlighten Canberra (2-18 Maret). Juga layak ditonton antara lain Singapore Night Festival (Agustus), Berlin illuminated (September), dan Fete des Lumieres Lyon (Desember).

PERAYAAN

25 Tahun
Lahir pada 20 April 1993, di zaman ketika pers dikekang, Museum Penerangan menjelaskan sejarah media massa di Indonesia. Kendati dirancang untuk Formula1, Sirkuit Sentul, yang diresmikan 22 Agustus 1993, hanya berhasil mendatangkan MotoGP. Masih di 1993, Accor membuka kantornya di Indonesia, lalu membuka Ibis Kemayoran dan Ibis Slipi setahun berselang. Di Eropa, 1993 merupakan tahun kelahiran Uni Eropa, juga tahun dibukanya Buckingham Palace bagi publik untuk kali pertama.

Kiri-kanan: Taman Ismail Marzuki. (Foto oleh: Atet Dwi Pramadia); Ciputra Artpreneur Museum mengoleksi banyak karya Hendra Gunawan, pelukis yang lahir persis 100 tahun silam. (Foto oleh: Bismo Agung)

50 Tahun
Taman rekreasi Legoland didirikan pertama kali pada 7 Juni 1968 di Billund, Denmark, sementara Taman Ismail Marzuki, pusat kesenian di Jakarta, diresmikan pada 10 November 1968. Ulang tahun emas juga dirayakan oleh grup musik legendaris Led Zeppelin melalui konser reuni. Pesta yang tak kalah gempita dipersiapkan oleh Mauritius yang merdeka pada 12 Maret 1968.

100 Tahun
Berikut tiga hotel yang dibuka pada 1918 dan hingga kini masih menerima tamu: Gellért Budapest, Washington (kini W Washington D.C.), serta Majestic Inglaterra Barcelona (kini Majestic Hotel). Phoenix Yogyakarta juga memulai sejarahnya pada 1918 dengan menempati rumah seorang saudagar. Pada 16 Februari, Lithuania mengenang satu abad kelahiran “Lithuania Baru,” sementara pada 11 Juni Indonesia mengenang 100 tahun kelahiran pelukis Hendra Gunawan.

PENERBANGAN

Trayek
Berhubung kapal-kapal baru lebih irit avtur, rute penerbangan jarak jauh pun bakal kian jauh, contohnya rute Perth-London (14.400 kilometer) yang akan dioperasikan memakai Boeing 787 Dreamliner oleh Qantas mulai Maret. Ekspansi juga ditempuh AirAsia yang berencana membuka trayek Manila-Bali pada Januari, disusul Singapura-Padang.

(Video Airbus A330neo oleh Airbus)

Armada
Setidaknya tiga burung besi baru akan menghiasi angkasa pada tahun ini. Boeing 787-10 akan terbang perdana dengan logo Singapore Airlines, sementara Boeing 737 Max 9 akan dilapisi logo Lion Air. Dari keluarga Airbus, A330neo akan melakoni debutnya bersama TAP Air Portugal. Armada yang juga dinanti tentu saja XB-1, jet supersonic yang diklaim lebih cepat dan, semoga, lebih aman dari Concorde. Uji cobanya dimulai pada 2018.

Bandara
Cebu, Teheran, Guangzhou, dan Jeddah akan memiliki terminal baru, tapi perhatian dunia sepertinya akan tersedot ke Beijing yang siap melansir terminal bandara terbesar sejagat. Di Indonesia, Bandara Jawa Barat sedang dikebut agar bisa rampung di Juni. Pada 2018, teknologi bandara kian canggih. Setelah mesin biometrik, kini hadir Smart Tunnels yang mampu menyelesaikan proses imigrasi dalam 15 detik. Terminal 3 Dubai akan memasangnya pada pertengahan 2018.

PEMBUKAAN

Penggemar Fox
Genting Highlands Outdoor Theme Park tutup usia, tapi penggantinya tak kalah memikat: 20th Century Fox World. Taman rekreasi di Malaysia ini akan menampung sekitar 25 wahana bertema film laris seperti Life of Pi, Night at the Museum, Planet of the Apes, Ice Age, dan Titanic.

Pencinta Warner Bros
Awalnya fokus mengembangkan atraksi budaya, Abu Dhabi tertular kota tetangganya dengan membangun pula atraksi keluarga. Di lahan seluas 15 hektare, Warner Bros. World Abu Dhabi menaungi enam zona berisi 29 wahana yang terinspirasi karakter-karakter film, contohnya Batman, Superman, dan Wonder Woman.

Fasad Grand Egyptian Museum yang megah. (Foto: Heneghan Peng Architects)

Pengagum Firaun
Diklaim sebagai museum arkeologi terbesar di dunia, menampung 100.000 artefak, termasuk benda-benda peninggalan Firaun yang didatangkan dari museum di negara lain. Museum yang menempati lahan seluas 50 hektare ini dibangun dengan dana menembus $1 miliar, di mana 75 persennya dipinjam dari pemerintah Jepang.

Comments