Tren Dunia Wisata 2018

Tubuh Opera House berpendar dalam ajang Vivid Sydney. (Foto: Yaya Stempler)

Hal-hal yang memengaruhi dalam menentukan ke mana, kapan, dan bagaimana kita berwisata tahun ini.

Oleh Cristian Rahadiansyah

PENETAPAN

Ibu Kota Desain

Mexico City telah lama dirundung problem kemacetan, polusi, dan kriminalitas. Tapi kota ini hendak berubah, dan tahun ini ia memiliki insentif lebih untuk mengebut transformasinya. Terpilih sebagai World Design Capital 2018, Mexico City akan menggelar beragam acara bertema desain dan tata kota sepanjang tahun. Khusus Juni, 50 profesional dunia desain akan melakoni residensi selama tiga minggu untuk menggarap proyek-proyek urban intervention bertema “socially responsible design.”

(Video Melbourne oleh Visit Victoria)

Kota Paling Nyaman

Selama tujuh tahun sejak 2011, Melbourne bertengger di posisi wahid Global Liveability Ranking versi The Economist Intelligence Unit. Dua pesaing terdekatnya dalam daftar kota paling layak huni adalah Wina dan Vancouver. Urutan yang berbeda dihasilkan Mercer lewat survei Quality of Living. Pada 2017, posisi teratas dihuni oleh Wina, disusul oleh Zurich dan Auckland.

Ibu Kota Budaya Eropa

Valletta, Ibu Kota Malta, meluncurkan 140 proyek dan 400 ajang bertema budaya. Suguhan serupa tersaji di Leeuwarden, Belanda. Program andalannya adalah mengubah 27 permukiman menjadi desa seni temporer. Valletta dan Leeuwarden telah terpilih sebagai Ibu Kota Budaya Eropa 2018.

Uluru tertutup bagi pendaki mulai 2019. (Foto: Tourism Australia)

PERINGATAN

Dilarang Mendaki

Pada akhir 2017, manajemen Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta sepakat memulihkan kesucian bukit batu Uluru dengan menerbitkan larangan mendaki yang berlaku mulai 26 Oktober 2019. Uluru didaki sejak 1930, dan warga pribumi tak berkenan. Pendaki tak cuma menginjak-injak situs sakral, tapi juga kencing sembarangan. Pertimbangan lain dari penutupan pendakian adalah keamanan. Sejak 1950-an tercatat setidaknya 36 kecelakaan terjadi di sini.

Dilarang Merokok

Sebuah survei di Phuket menemukan 101.058 puntung rokok berserakan di pantai sepanjang 2,5 kilometer, dan Phuket bukan satu-satunya tempat yang mengalami problem tersebut. Guna mengatasinya, mulai November 2017, pemerintah Thailand menetapkan 20 pantai sebagai zona steril rokok, di antaranya Koh Khai Nok, Hua Hin, Patong, dan Pattaya.

Dilarang Orang Tua

Merujuk Travel & Tourism Competitiveness Report 2017, tiga negara yang berada paling bawah di kategori safety & security adalah El Salvador, Yemen, dan Kolombia. Sementara menurut Global Peace Index 2017, posisi paling buntut dihuni oleh Syria, Afghanistan, dan Irak. Khusus kota yang paling rawan, Safe Cities Index 2017 menaruh Dhaka, Yangon, dan Karachi di dasar tabel.

 

(Video Symphony of the Seas oleh Royal Caribbean)

PELAYARAN

Bahtera

Buku rekor akan direvisi pada 21 April saat Symphony of the Seas melakoni pelayaran perdananya. Dengan panjang 362 meter, bobot 230.000 GT, dan kapasitas 6.000 penumpang, raksasa laut milik Royal Caribbean ini resmi menyabet gelar kapal pesiar terbesar sejagat, menggeser rekor yang dipegang Harmony of the Seas. Kapal lain yang siap melaut pada 2018 ialah Carnival Horizon, Norwegian Bliss, MSC Seaview, dan Celebrity Edge.

Berita

Monsters of Rock Cruise, tur pesiar khusus penggemar musik cadas, dijadwalkan bertolak pada 11 Februari dari Miami menuju Falmouth. Grup musik yang siap mengguncang panggungnya antara lain Tesla, Winger, dan The Iron Maidens. Pengumuman lain datang dari Disney Cruise Line: Star Wars Day at Sea akan diboyong kembali ke kapal pesiar Disney sejak Januari hingga April.

Berekspansi

Hotel yang terjun ke bisnis pesiar bertambah. Di Maladewa ada Four Seasons Explorer, sementara di Indonesia ada Alila Purnama, Plataran Felicia dan Ambasi, serta Amanikan dan Amandira. Tahun ini, The Ritz-Carlton mengumumkan niatnya memiliki tiga “hotel terapung” yang dinamai The Ritz-Carlton Yacht Collection. Ketiganya dijadwalkan beroperasi pada 2019, tapi buku reservasinya mulai dibuka pada Mei 2018.

Panorama dari Ayana Komodo, resor yang sedang dikerek di Waecicu. (Foto: Ayana Komodo)

PERHOTELAN

Dibuka

Di Bali, tiga hotel siap membuka pintunya: Six Senses Uluwatu, Renaissance Uluwatu, dan Solís Ubud. Di Jakarta, pendatang barunya mencakup Park Hyatt Menteng, Aloft Wahid Hasyim, dan Alila SCBD. Di luar Jakarta dan Bali, properti yang siap beroperasi antara lain Four Points Bintan, Meliá Bandung, dan Ayana Komodo. Khusus Asia, beberapa pembukaan yang menarik ditunggu ialah Hilton Dili, Waldorf Astoria Bangkok, serta Four Seasons Kuala Lumpur.

Direnovasi

Sejak Februari 2017, hotel legendaris Raffles Singapore direnovasi bertahap. Mulai Desember 2017, properti ini ditutup sepenuhnya dan dijadwalkan dibuka kembali pada kuartal ketiga 2018. Hotel bersejarah lain yang didandani ialah Hotel de Paris Monte-Carlo. Rencananya, hotel ini akan beroperasi kembali dengan tampilan segar mulai September 2018.

Dibatasi

Kewalahan meladeni 27 juta turis per tahun, Venesia menerbitkan moratorium hotel baru. Kasus berbeda menimpa Airbnb yang kian terjepit. Barcelona giat menggelar razia penginapan tak berlisensi; Amsterdam menetapkan tiap properti Airbnb hanya bisa disewakan maksimum 60 malam per tahun (di London kuotanya 90 malam); sementara Paris mewajibkan pengelola menerapkan “pajak turis” bagi tamunya.

 



Comments

Related Posts

3907 Views

Book your hotel

Book your flight