Tren Dunia Wisata 2017

Hal-hal yang memengaruhi kita dalam menentukan ke mana, kapan, dan bagaimana kita berwisata tahun ini.

Oleh Cristian Rahadiansyah

MOMEN
Peringatan kolosal yang memberi alasan untuk berkunjung.

Salah satu sudut Pulau Rhun dilihat dari angkasa. (Foto olej Muhammad Fadli)

Salah satu sudut Pulau Rhun dilihat dari angkasa. (Foto oleh Muhammad Fadli)

Pulau Rhun
Perjanjian Breda 1667 adalah peristiwa tukar guling paling bersejarah di Nusantara: Inggris mendapakan Manhattan, Belanda menguasai Rhun. Proyek dokumenter The Banda Journal akan menggelar pameran foto guna mengenang momen itu.

Disneyland Paris
Merayakan ulang tahun peraknya, Disneyland Paris akan menggelar beragam acara mulai 26 Maret 2017, termasuk pesta kembang api, parade, dan Star Tours, petualang tiga dimensi bertema Star Wars.

Edinburgh Festival
Tujuh dekade silam, tak lama setelah Perang Dunia II berakhir, Edinburgh menciptakan sebuah festival yang didesain sebagai landasan bagi tumbuhnya rasa kemanusiaan. Isi acaranya: pentas teater, opera, musik, dansa, dan pameran seni.

Kanada
Untuk ulang tahunnya yang ke-150, Kanada menggelar banyak festival di banyak kota. Alasan lain ke Kanada tahun ini: World Design Summit perdana di Montreal pada 16-25 Oktober 2017.

Kebun Raya Bogor
Mei 2017, kebun botani raksasa ini genap berusia dua abad. Kisahnya dimulai dari sepetak taman bergaya Inggris yang digarap oleh Thomas Stamford Raffles.

 

KEBIJAKAN
Gejala, tren, dan kebijakan yang mengubah dunia pariwisata.

Hotel Millennial
Menurut Horwath HTL, millennial akan mewakili 50 persen pelancong dunia pada 2025. Pelaku hotel menyambut mereka dengan meramu merek baru, contohnya Moxy dari Marriott, Jen (Shangri-La), Lyf (Ascott), dan Indigo (InterContinental).

Airbnb & Maskapai
Setidaknya tiga maskapai telah meneken kerja sama dengan Airbnb, yakni Virgin America, Qantas, dan Delta Air Lines. Mereka memberikan bonus miles kepada penumpang yang menginap di Airbnb.

Pesiar Asia
Asia mencatatkan pertumbuhan penumpang pesiar tertinggi, karena itu kian banyak operator yang menempatkan kapal mereka di sini. Tahun ini, Majestic Princess dan Norwegian Joy berlabuh di Tiongkok, sementara Seabourn Encore berlayar ke Bali.

Kota Termahal
Daftarnya dilansir Economist Intelligence Unit pada Maret 2016, tapi masih relevan dirujuk. Tiga tahun berturut, Singapura berada di puncak kota termahal. Di bawahnya, Zurich, Hong Kong, dan Jenewa.

Pemandangan sisi lain kota Barcelona. (Foto oleh catalunya.com)

Pemandangan sisi lain kota Barcelona. (Foto oleh catalunya.com)

Negara Baru
Pada 2014, Catalonia menggegelar referendum di mana 80 persen partisipan memilih merdeka. Kasus serupa terjadi di Venesia. New Caledonia akan menggelar referendum pada 2018, sementara Bougainville berniat melakukannya pada 2019.

 

DESTINASI
Tempat-tempat yang memberi motivasi lebih untuk didatangi.

Sumbawa
Pulau di antara Lombok dan Taman Nasional Komodo ini sedang bersinar. Akhir 2016, dua resor dibuka di sini: Myamo yang berlokasi di barat pulau dan membidik peselancar; serta Kalimaya yang bersarang di timur dan menjala penyelam.

Aarhus & Paphos
Aarhus (Denmark) dan Paphos (Cyprus) telah ditetapkan oleh Uni Eropa sebagai European Capitals of Culture 2017. Konsekuensinya, keduanya akan menggelar banyak acara bertema seni dan budaya sepanjang tahun ini.

Panorama Gurun Lut di Iran. (Foto oleh Akbar Nemeti).

Panorama Gurun Lut di Iran. (Foto oleh Akbar Nemeti).

Iran
Pasca-pencabutan embargo, Iran siap menyambut pariwisata. Accor membuka dua hotel, sementara Grup Melia akan hadir di tepi Laut Kaspia. Dan ada alasan lain untuk melawat ke Iran. Tahun lalu, dua objek di negeri ini dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia, yakni Qanat dan Gurun Lut.

Kopenhagen
The Academy of Urbanism mendaulat Kopenhagen sebagai European City of the Year 2017. Penilaian didasarkan atas kemampuan sebuah kota menciptakan tata kota yang berdampak positif bagi warganya. Dua kota lain yang masuk putaran final: Eindhoven dan Montpellier.

Lima
Dalam daftar World’s 50 Best Restaurants 2016, Ibu Kota Peru ini sukses menempatkan tiga wakil, prestasi yang membuatnya sejajar dengan London dan New York. Ketiga wakil Lima: Central, Maido, dan Astrid y Gastón.

Essen & Nijmegen
Awalnya sentra tambang batu bara, Essen berubah menjadi kota jasa yang ramah lingkungan. Sementara Nijmegen bertekad menjadi kota dengan energi terbarukan pada 2045. Keduanya telah terpilih sebagai European Green Capital.

 

TEKNOLOGI
Inovasi teknologi yang memengaruhi cara kita berwisata.

VR
Maskapai Qantas menawarkan aplikasi dan gawai virtual reality. United Airlines memakai VR untuk memperlihatkan kelas bisnisnya, sementara Etihad mengajak penumpang terbang bersama Nicole Kidman dalam versi digital.

Uber Travel
Uber berniat menghubungkan penumpang mobil dengan moda transportasi lain seperti perahu, sepeda motor, bahkan balon udara. Fungsi lain Uber Travel: menginformasikan jadwal pesawat dan memantau keterlambatan penerbangan.

Google Trips
Aplikasi untuk memesan tiket pesawat dan kamar hotel, mencari objek wisata dan restoran, serta menyusun jadwal kegiatan—semuanya disesuaikan dengan riwayat pencarian Anda di internet. Syarat untuk memakainya: memiliki akun Gmail.

 

PEMBUKAAN
Wahana, atraksi, dan museum baru.

Louvre Abu Dhabi
Berhubung konstruksinya belum rampung, peresmiannya pun ditunda ke 2017, tapi tanggal pastinya belum dilansir. Museum senilai $650 juta ini akan memajang karya-karya maestro yang sebagian dipinjam dari Prancis.

Nevis Thriller
Bentuknya masih dirahasiakan, tapi Nevis Thriller berniat memperkenalkan level baru atraksi ekstrem yang mengombinasikan kecepatan dan ketinggian. Wahana uji nyali milik AJ Hackett ini dikerek di dekat Queenstown, Selandia Baru.

Gambar rendering wajah Museum MACAN.

Gambar rendering wajah Museum MACAN.

MACAN
Walau direkturnya baru saja mengundurkan diri, Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara tetap akan diresmikan pada awal 2017. MACAN berlokasi di Jakarta dan menampung koleksi sang pemilik, Haryanto Adikoesoemo.

Zeitz MoCAA
Zeitz Museum of Contemporary African Art berniat menjadi museum terbesar khusus karya seni kontemporer Afrika, termasuk yang dibuat oleh seniman diaspora. Museum yang dirancang oleh Heatherwick Studio ini berlokasi di area bersejarah Grain Silo Complex.

Seoul Skygarden
Seutas jalan layang tua di jantung Seoul sedang disulap menjadi kebun raya mini sepanjang satu kilometer yang menampung sekitar 250 tanaman, semak, dan bunga dari seantero Korea. Proyek senilai $33 juta ini dicanangkan kelar April 2017.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Januari/Februari 2017. (“Dunia Wisata 2017”)



Comments

Related Posts

3510 Views

Book your hotel

Book your flight