Tiongkok Pasang Pemindai Wajah di Toilet Umum

Opsi sensor wajah canggih menjadi yang terbaik karena lebih higienis

Merasa tindak pencurian tisu toilet di Temple of Heaven Beijing semakin parah, pada pertengahan Maret silam, pemerintah Tiongkok mulai menyediakan sensor pengenal wajah yang diletakkan di luar bilik toilet.

Langkah tersebut dilakukan karena para pengunjung di objek wisata ini kerap mengambil gulungan tisu dan menyimpannya di dalam tas. Cara ini ditempuh karena kebiasaan ini tidak hanya merugikan pengunjung lainnya, namun juga membuat anggaran kota membengkak.

Seperti dilansir dari BBC, mesin pemindai wajah ini akan mendeteksi wajah pengunjung, lalu mengeluarkan gulungan kertas tisu sepanjang 60 cm. Jika dirasa kurang, orang yang sama harus menunggu setidaknya 10 menit untuk mendapatkan tisu lagi. Opsi ini menjadi yang terbaik karena lebih higienis—dibandingkan fingerprint, atau sensor infrared.

Sejauh ini, pengelola taman telah menginstal enam mesin seharga USD720 per buah, dan dijaga ketat oleh staf untuk menjelaskan penggunaannya ke pada pengunjung. Jika tamu dalam situasi mendesak—yang membutuhkan tisu toilet lebih, para staf akan segera menyediakannya.

Meski menimbulkan pro kontra, namun uji coba ini tampaknya berhasil, karena sampai saat ini, penggunaan kertas toilet menurun sebesar 20 persen. Bila dirasa efektif, mesin ini akan dipasang di seluruh penjuru toilet taman Beijing.



Comments

Related Posts

1936 Views

Book your hotel

Book your flight