The World in Pictures: September 2016

HONG KONG 
Lalu-lalang manusia di Star Ferry Pier, dermaga sibuk yang melayani rute ke Wan Chai dan Central. Star Ferry adalah merek feri bersejarah yang telah eksis di Hong Kong sejak 1888. Sementara dermaganya yang berlokasi di Tsim Sha Tsui pada tahun ini merayakan ulang tahunnya yang ke-100.

Foto oleh Rony Zakaria (ronyzakaria.com).

LOMBOK TENGAH 
Sejumlah turis sedang menikmati Pantai Selong Belanak yang berlokasi di pesisir selatan Lombok. Pantai menawan ini terkenal akan pasirnya yang halus seperti bedak dan ombaknya yang cukup ramah bagi peselancar pemula.

Foto oleh Irene Barlian (irenebarlian.net).

NAGASAKI
Pengunjung menikmati panorama kota Nagasaki, Jepang. Meski menyandang status kelam sebagai tempat terakhir di dunia yang mengalami serangan bom nuklir, Nagasaki berhasil merekah jadi kota cantik yang menyandarkan perekonomiannya pada bisnis galangan kapal.

Foto oleh Irene Iskandar (ireneiskandar.com).

SUMBA TIMUR
Panorama Bukit Wairinding, kawasan menawan yang sedang terancam. Sebuah penelitian yang digelar Universitas Nusa Cendana menyimpulkan Bukit Wairinding berpotensi berubah jadi padang gurun akibat dari penyusutan vegetasi dan kelembapan tanah.

Foto oleh Michael Eko Hardianto (michaeleko.com).

TANAH DATAR 
Seorang joki memacu kedua ekor sapinya dalam ajang Pacu Jawi di Nagari Tabek, Pariangan, Sumatera Barat. Rutin bergulir di sawah-sawah berlumpur pascamusim panen, Pacu Jawi adalah wadah hiburan kaum petani sekaligus sarana untuk menaikkan harga ternak.

Foto oleh Robertus Pudyanto (robertuspudyanto.com).

TORAJA UTARA 
Empat gadis membawakan Tari Pa’ Gellu dalam sebuah seremoni pascapanen di Batutumonga, kawasan perbukitan di Toraja Utara. Awalnya digelar untuk menyambut para kesatria yang kembali dari medan perang, Pa’ Gellu kini ditujukan untuk merayakan momen-momen suka cita.

Foto oleh Putu Sayoga (putusayoga.net).

Untuk melihat koleksi foto lainnya, klik di sini.

Comments