Terminal Bandara Futuristik Shenzhen


Terminal baru ini memiliki panjang 1,5 kilometer.

  • Atapnya didesain berlubang-lubang untuk memaksimalkan masuknya cahaya alami.

    Atapnya didesain berlubang-lubang untuk memaksimalkan masuknya cahaya alami.

  • Terminal baru ini memiliki panjang 1,5 kilometer.

    Terminal baru ini memiliki panjang 1,5 kilometer.

Click image to view full size

Shenzhen mencoba mencuri perhatian dengan menghadirkan terminal anyar yang futuristik dan ramah lingkungan. Terminal baru di Bandara Internasional Shenzhen Bao’an ini mengaplikasikan desain supermodern didominasi warna putih dan perak. Digarap oleh firma arsitek asal Italia, FURKAS, terminal ini memiliki luas total 451.000 meter persegi. Luas tersebut tiga kali lebih besar dibandingkan dengan luas terminal-terminal yang ada sekarang. Meskipun demikian, terminal yang bentuknya terinspirasi dari ikan pari dan mampu menampung hingga 76 pesawat sekali waktu ini, luasnya tak mampu mengalahkan terminal 3 bandara Beijing.

Terminal baru Shenzhen Bao’an dibangun dengan biaya $1,4 miliar ini menaungi 200 konter check-in dan 200 toko yang siap melayani para penumpang. Untuk mengurangi konsumsi listrik, atapnya dirancang menyerupai sarang lebah sehingga cahaya alami bisa masuk dengan bebas. Tak hanya itu, mereka juga menggunakan air hujan untuk keperluan toilet serta perawatan tanaman di dalam gedung. Berstatus futuristik, terminal ini menggunakan tenaga matahari untuk memenuhi kebutuhan listriknya.

Bandara Internasional Shenzhen Bao’an pertama kali dibuka pada 1991. Tahun lalu, bandara ini melayani 29 juta penumpang. Diharapkan, dengan kehadiran terminal baru ini, bandara tersebut mampu 45 juta penumpang tiap tahunnya.

 



Comments

Related Posts

2948 Views

Book your hotel

Book your flight