Teknologi Canggih di Bandara Daxing Beijing

Beragam teknologi anyar hadir untuk memudahkan penumpang.

Menjelang pembukaannya pada 30 September 2019 mendatang, Bandara Internasional Daxing Beijing bakal dilengkapi dengan beragam teknologi pintar terbaru mulai dari pos pemeriksaan otomatis, pos bagasi, mesin pemindai wajah dan radio-frequency identification (RFID) untuk identifikasi bagasi.

Menurut Zhang Rui, selaku Deputy Director of the Airport Department at the Civil Aviation Administration of China (CAAC), 86 persen proses check-in akan dilakukan secara otomatis, dan 76 persen bagasi dapat melewati pemeriksaan menggunakan pos bagasi mandiri.

Penumpang yang menggunakan pos bagasi mandiri juga dapat melakukan pembayaran via Alipay dan WeChat Pay jika bagasi melebihi batas yang ditentukan. Sementara, mesin pemindai wajah digunakan selama inspeksi pengecekan sebagai proses identifikasi penumpang.

Selain itu, bandara terbesar sejagat ini juga dilengkapi dengan mesin anyar Radio Frequency Identification (RFID), yang berfungsi mengidentifikasi dan melacak tag yang terpasang pada bagasi penumpang. Informasi koper disimpan secara elektronik di dalam tag dan akan diperbarui pada setiap tahap pemrosesan.

Baca juga: Mesin Pemindai Wajah di Bandara Narita; Terminal Kuno Bandara JFK Disulap Menjadi Hotel Mewah

Status bagasi penumpang juga dapat dilacak di aplikasi ponsel. Bahkan, China Eastern Airlines juga telah meluncurkan program pelacakan bagasi serupa, yang memungkinkan penumpangnya bepergian dengan penerbangan domestik untuk melacak status bagasi mereka di WeChat.

Untuk mengintip interior bandara yang berlokasi di selatan Daxing ini, saat ini, para pelancong dapat melihat tur virtual reality yang dibuat oleh salah satu media lokal Tiongkok.

Comments