Sistem Tiket Terbaru Gunung Ijen

Asap mengepul dari lubang tambang di Kawah Ijen. (Foto: Johannes P. Christo)

Wisata Gunung Ijen kian populer. Fenomena alam blue fire dan pesona kawah berwarna turkuois, menjadi salah satu magnet wisata terkuatnya. Tak heran jika Ijen menjadi tujuan utama pendaki dari berbagai pelosok negeri hingga mancanegara.

Demi mencegah penumpukan pengunjung dan mempermudah masyarakat yang berencana mendaki gunung berapi yang berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso tersebut, kini pihak BKSDA Wilayah V Jawa Timur telah menyediakan pembelian tiket daring.

Mulai 2019 mendatang, pendaki sudah dapat memesan dan membeli tiket masuk Gunung Ijen secara daring melalui agen perjalanan. Sistemnya nyaris sama dengan pembelian tiket kereta. Nantinya, pihak otoritas juga bakal membatasi seribu pendaki per hari. Sehingga, mereka dapat mengatur jadwal pendakian dengan lebih matang dan terencana.

Baca juga: Destinasi Paling Bersinar di Jawa Timur48 Jam di Banyuwangi

Selain itu, Gunung Ijen juga bakal ditutup sebulan sekali, yakni pada Jumat di minggu pertama. Penutupan ini dilakukan untuk ‘mengistirahatkan’ alam dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membersihkan area gunung, serta melakukan aktivitas lain yang berkaitan dengan lingkungan. “Alam juga butuh jeda. Butuh istirahat karena setiap malam ratusan pendaki yang naik,” ujar Sumpena, Kepala BKSDA Wilayah V Jawa Timur.

Sebagai uji coba, nantinya bakal tersedia tiket manual di Paltuding yang jumlahnya tidak lebih dari 100 tiket sebagai antisipasi pengunjung yang belum mengetahui aturan baru tersebut.

Informasi selengkapnya, kunjungi bbksdajatim.org.

Tags : Jawa Timur
Comments