Sistem Tiket Baru Singapore Airlines

Armada Airbus 380 milik Singapore Airlines. (Foto: Airbus)

Mulai 20 Januari 2018, Singapore Airlines mengaplikasikan sistem baru dalam bisnis mereka. Kini, dengan fokus meraup untung yang lebih, maskapai nasional Singapura tersebut mulai menghapus beberapa keuntungan yang selama ini dapat dinikmati penumpang secara gratis.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Sistem tiket baru
Seluruh penerbangan Singapore Airlines akan menerapkan sistem tiket baru—termasuk privilese serta peraturannya.

Kelas ekonomi – Lite, Standard, dan Flexi
Ekonomi Premium – Standard dan Flexi
Kelas Bisnis – Lite, Standard, dan Flexi
Kelas utama/suites – First/Suites

Efektif per 20 Januari 2018, penumpang yang membeli tiket ekonomi termurah (Lite) tak bisa lagi menikmati privilese memilih tempat duduk yang diinginkan (reserve seat) secara sonder bayar. Maskapai tersebut akan mengenakan biaya mulai dari $5 per sektor. Artinya, semakin jauh jarak penerbangan Anda, semakin mahal pula biaya yang dikeluarkan. Sebelumnya, penumpang yang memesan tiket lewat situs maskapai tersebut secara otomatis akan dibawa ke bagian pemilihan tempat duduk dan memilih posisi kursi yang diinginkan secara gratis.

Untuk mengakalinya, penumpang bisa check-in secara daring 48 jam sebelum jam pemberangkatan kemudian memilih kursi yang diinginkan (meskipun kemungkinan untuk terisi sangat besar).

Upgrade
Singapore Airlines juga mengubah nama award tickets (Saver dan Standard) yang selama ini tersedia untuk ditukarkan dengan miles. Per 20 Januari, nama Standard akan diubah menjadi Advantage. Meskipun mengusung nama baru, jumlah miles Krisflyer yang dibutuhkan untuk upgrade atau menukarkan poin dengan tiket tak berubah.

Kabar bagusnya, kini tiket ekonomi Standard bisa di-upgrade ke kelas yang lebih tinggi, meskipun tiket ekonomi Lite, ekonomi premium Standard, dan bisnis Lite tak dapat diubah ke kelas yang lebih tinggi. Perlu diingat, sistem upgrade hanya tersedia untuk satu kelas di atas tiket yang dipegang. Misalnya, jika dalam penerbangan hanya tersedia kelas ekonomi, bisnis, dan utama bisnis, maka penumpang berhak untuk di-upgrade ke kelas bisnis. Tapi jika di dalam penerbangan tersebut ada kelas ekonomi premium, maka penumpang tak dapat di-upgrade ke kelas bisnis. (Info tentang jumlah miles yang bisa ditukarkan bisa dilihat di sini.)

Pertambahan poin
Lewat skema baru ini, Singapore Airlines memberikan poin yang lebih banyak bagi para penumpangnya. Untuk kelas ekonomi misalnya, penumpang kini dapat meraih 50-100 persen lebih banyak poin miles (tergantung kategori tiket) setelah sebelumnya hanya mendapatkan antara 10-100 persen. Ini berarti, bagi penumpang yang memilih tiket paling murah (Lite) kesempatan untuk mengoleksi miles jadi lebih mudah. Sedangkan tiket ekonomi premium Flexi akan mendapatkan poin hingga 125 persen (dari sebelumnya hanya 110 persen), namun pertambahan miles untuk tiket ekonomi premium Standard kini turun menjadi 100 persen atau sama dengan perolehan tiket ekonomi paling mahal. Sementara kabar baik datang bagi mereka yang kerap bepergian menggunakan kelas bisnis dan utama. Untuk kelas bisnis Flexi, jumlah perolehan poin melonjak menjadi 150 persen sedangkan kelas utama/suites jumlahnya naik dari 150 persen menjadi 200 persen.

Bagasi
Lewat skema baru ini, bagasi penumpang kelas ekonomi Lite dan Standard tetap 30kg, namun ekonomi Flexi bertambah menjadi 35kg. Sementara untuk kelas lainnya berat bagasi yang diperkenankan tak berubah, yakni 35kg untuk ekonomi premium dan 40kg untuk kelas bisnis. (Anggota Krisflyer Elite Gold berhak untuk mendapatkan tambahan 20kg di kelas apapun.)

Bagi penumpang yang kerap melakukan perjalanan dengan menggunakan tiket hasil penukaran miles maupun upgrade, terdapat juga perubahan biaya pembatalan perjalanan yang akan berlaku mulai 1 Maret 2018.

Informasi lebih lanjut, kunjungi Singapore Airlines.



Comments

Related Posts

4790 Views

Book your hotel

Book your flight