Sewa Yacht dengan Harga Terjangkau


Tim Gundry, ingin menjembatani pemilik kapal dan calon konsumen.

  • Yacht disewakan dengan harga mulai dari $150.

    Yacht disewakan dengan harga mulai dari $150.

  • Tim Gundry, ingin menjembatani pemilik kapal dan calon konsumen.

    Tim Gundry, ingin menjembatani pemilik kapal dan calon konsumen.

Click image to view full size

Mirip Airbnb, tapi yang disewakan bukan kamar, melainkan perahu. Bisnis inilah yang digarap oleh Boatbay, situs bagi publik yang hendak menyewa perahu langsung dari pemiliknya—solusi murah bagi mereka yang ingin merasakan serunya jadi nakhoda. Tim Gundry, sang pendiri, berbincang dengan Reza Idris.

Awal mula Boatbay?
Idenya muncul di Phuket beberapa tahun lalu saat liburan bersama kakak dan menghadiri acara di marina. Kami terpesona dengan banyaknya perahu yang tertambat seraya memikirkan biaya perawatannya yang mahal. Kami lalu menciptakan perusahaan yang menjembatani pemilik perahu dengan mereka yang ingin berlayar. Para pemilik itu bisa mendulang uang dari perahu pribadinya sekaligus membuka kesempatan bagi mereka yang ingin berwisata bahari dengan harga terjangkau. Singkatnya, Boatbay adalah Airbnb dalam urusan rental perahu.

Minat pada laut?
Keluarga saya sejak lama mencintai yacht. Saban tahun kami berlayar. Sementara saya dan kakak bergelut di dunia teknologi. Jadi, semuanya terasa pas ketika mengombinasikan minat kami dengan industri rekreasi bernilai $50 triliun.

Tantangan Boatbay?
Membangun situs yang tak cuma mudah dioperasikan, tapi juga mampu secara efisien menghubungkan para pemilik kapal dengan penyewa melalui beragam gajet.

Cara bergabung?
Para pemilik perahu bisa mendaftar sonder bayar. Yang dibutuhkan adalah foto, deskripsi singkat perahu, kontak lengkap, dan harga. Ada dua opsi penyewaan: pemilik tetap bertindak sebagai kapten kapal, atau menyerahkan tugasnya kepada mereka yang berlisensi.

Prosedur carter?
Para calon penyewa dapat browsing berdasarkan destinasi yang dituju, tanggal keberangkatan, jenis perahu yang diinginkan, lalu langsung klik tombol pesan. Boatbay hanya mengambil komisi, dan sisa uang sewa masuk kantong pemilik. Kami mencoba membangun situs yang didasarkan komunitas peer-to-peer, jadi memungkinkan penyewa menulis ulasan.

Patokan harga?
Harga carter dibicarakan dengan pemilik perahu. Biasanya dipatok berdasarkan ukuran dan lokasi. Tarifnya antara ratusan hingga ribuan dolar. Boatbay menawarkan beragam jenis perahu, mulai dari yacht luks di Sydney, kapal memancing di Dubai, bahkan kapal selam di Bali. Kapal seharga $35.000 bisa disewa dengan tarif hanya $150 per hari.

Destinasi pesiar terbaik?
Bora Bora di French Polynesia adalah satu yang terbaik berkat pemandangannya. Saya juga sering berlayar ke pulau-pulau di selatan Thailand, seperti Phuket, Phi Phi, dan Yao Yai.

Perahu impian?
Lagoon 52 Catamaran. Kapal ini punya bodi elegan, fasilitas yang nyaman, dan mudah dioperasikan. Saat layarnya dikembangkan, performa perahu sangat baik dalam menyusuri lautan.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Nov/Des 2014 (“Media Bahtera”)



Comments

Related Posts

5020 Views

Book your hotel

Book your flight