Seniman Arie Smit Wafat


Aliran Young Artist yang banyak diikuti oleh seniman muda Bali.

  • Foto Arie Smit yang diambil pada Desember 2015 (Foto: Putu Sayoga)

    Foto Arie Smit yang diambil pada Desember 2015 (Foto: Putu Sayoga)

  • Aliran Young Artist yang banyak diikuti oleh seniman muda Bali.

    Aliran Young Artist yang banyak diikuti oleh seniman muda Bali.

Click image to view full size

Dunia seni Bali kehilangan salah satu seniman besar. Arie Smit wafat di Rumah Sakit Angkatan Darat, Denpasar pada 23 Maret 2016. Arie meninggal dalam usia nyaris satu abad. Pria yang akan berusia 100 tahun pada April 2016 ini mengeluh sesak napas. Seperti dikutip dari Tempo.co, rekannya, Suteja Neka, kemudian melarikan pria sepuh ini ke rumah sakit, namun nyawa Arie tetap tak tertolong. Arie mangkat pada pukul 20:30 Wita.

Arie adalah pria asal Zaandam, Belanda. Lahir pada 15 April 1916, pria ini mengubah statusnya kewarganegaraannya menjadi Indonesia pada 1951. Lima tahun setelahnya, dia menetap di Pulau Dewata hingga sekarang. Arie dikenal sebagai perintis aliran young artist, yang merupakan bagian paling penting di Bali. Aliran ini juga menuai banyak pengikut. Ciri khasnya, lukisan ditampilkan dengan warna-warna cerah.

Beberapa saat sebelum Arie mangkat, kami mengunjungi kediamannya, bertemu dengan para murid dan sahabat, serta mengulas warisan seninya. Ceritanya tersaji secara lengkap di edisi ulang tahun ketiga DestinAsian Indonesia (Maret/April 2016). Selamat beristirahat dengan tenang, Arie Smit.



Comments

Related Posts

1566 Views

Book your hotel

Book your flight