Restoran Terbaik di Dunia 2019

Mirazur tahun ini dinobatkan jadi yang terbaik di dunia.

Lebih dari seribu ahli restoran dan kuliner dari seluruh dunia telah memberikan suaranya untuk menentukan siapa yang layak masuk daftar World’s 50 Best Restaurants. Menariknya, untuk pertama kalinya, penghargaan kuliner bergengsi yang popularitasnya nyaris menyamai daftar Michelin ini digelar di Asia, tepatnya di Marina Bay Sands, Singapura.

Urutan pertama ditempati oleh Mirazur di Menton, Prancis, yang tahun ini naik dua peringkat. Restoran mungil dengan tiga bintang Michelin yang menyajikan hidangan ala Mediterania ini dipimpin oleh koki kelahiran Argentina, Mauro Colagreco. Selain menyajikan beragam menu lezat yang menggugah selera, tempat makan juga menawarkan panorama French Riviera yang memikat.

Membayang-bayangi Mirazur, di posisi kedua bertengger Noma (Kopenhagen, Denmark); Asador Extebarri (Axpe, Spanyol) di posisi ketiga; Gaggan (Bangkok, Thailand) di posisi keempat; dan Geranium (Kopenhagen, Denmark) di posisi kelima. Gaggan, jawara Asia berhasil masuk ke dalam jajaran sepuluh besar dan menjadi satu-satunya wakil Asia di peringkat 10 besar.

Meskipun mayoritas restoran berasal dari Eropa dan Amerika, Asia tetap berhasil menyumbang tujuh restoran yang berlokasi di Bangkok, Singapura, Hong Kong, Shanghai, dan Tokyo.

Baca juga: 50 Restoran Terbaik Di Asia 2019; 50 Bar Terbaik di Asia 2019

Namun, tahun ini The World’s 50 Best Restaurant memberlakukan aturan baru, dengan memasukan daftar pemenang tahun-tahun sebelum ke program Best of the Best. Hal ini untuk memberi kesempatan bagi restoran lain untuk mendapat peringkat teratas. Sehingga, juara tahun-tahun sebelumnya seperti Eleven Madison Park di New York, The French Laundry di California, The Fat Duck di London, dan Osteria Francescana di Italia tidak masuk dalam daftar The World’s 50 Best Restaurant, namun justru masuk daftar Best of the Best. Berikut daftar 50 restoran terbaik dunia 2019:

  1. Mirazur (Menton, Prancis)
  2. Noma (Kopenhagen, Denmark)
  3. Asador Etxebarri (Axpe, Spanyol)
  4. Gaggan (Bangkok, Thailand)
  5. Geranium (Kopenhagen, Denmark)
  6. Central (Lima, Peru)
  7. Mugaritz (San Sebastián, Spanyol)
  8. Arpège (Paris, Prancis)
  9. Disfrutar (Barcelona, Spanyol)
  10. Maido (Lima, Peru)

Informasi selengakpanya, kunjungi World’s 50 Best Restaurants.

Comments