Rekor Penerbangan Terpanjang di Dunia

Qatar pecahkan rekor penerbangan terpanjang.

Qatar pecahkan rekor penerbangan terpanjang.

Qatar Airways mengklaim dirinya telah melakukan penerbangan terpanjang di dunia. Maskapai asal Doha ini mendarat di Auckland pada 6 Februari 2017 setelah menempuh perjalanan sepanjang 14.535 kilometer dari Doha. Rute Doha-Auckland tersebut berdurasi 16 jam 23 menit.

Saking jauhnya, rute yang dioperasikan oleh armada Boeing 777-200LR tersebut melintasi 10 zona waktu serta mengangkut empat pilot dan 15 awak kabin yang bertugas secara bergantian. Sebaliknya, penerbangan dijadwalkan akan ditempuh dalam waktu 17 jam 30 menit berkat rute yang sedikit berbelok untuk menghindari arah angin.

Sejatinya rute penerbangan terpanjang di dunia masih diperdebatkan. Dikutip dari Telegraph, Air India tahun lalu menyatakan dirinya mengoperasikan rute terpanjang (Delhi-San Francisco) karena mengubah rute penerbangannya. Alih-alih melewati Samudra Atlantik, penerbangan ke San Francisco dilayani melalui Samudra Pasifik sehingga jaraknya bertambah dari 13.900 kilometer menjadi 15.300 kilometer. Namun di atas peta, jarak Doha-Auckland terbukti lebih jauh dibandingkan Delhi-San Francisco.

Penerbangan Doha-Auckland ini juga mengalahkan salah satu rute terpanjang di dunia lainnya, yakni Dubai-Auckland dengan jarak 14.200 kilometer yang dilayani oleh Emirates. Emirates merilis rute tersebut pada Maret 2016.

Informasi lebih lanjut, kunjungi Qatar Airways.



Comments

Related Posts

3287 Views

Book your hotel

Book your flight