Pusat Open Trip di Indonesia

Para wisatawan melakoni snorkeling di perairan Pulau Pahawang.

Tak dapat dimungkiri, open trip masih menjadi pilihan favorit turis untuk menjelajah Indonesia. Selain untuk menghemat biaya, open trip sepertinya menjadi solusi untuk menyiasati minimnya infrastruktur yang kerap menjadi penghalang bagi wisatawan untuk melihat keindahan alam Indonesia.

Treya melihat peluang tersebut. Perusahaan start up berbasis di Jakarta ini menjadi satu-satunya marketplace yang menjual paket-paket open trip di Indonesia. Duwi Satrio, Chief Marketing Officer, menceritakannya kepada Yohanes Sandy.

Apa Treya?
Treya adalah marketplace yang menampung open trip atau paket tur di Indonesia. Biasanya paket-paket open trip di Indonesia selama ini ditawarkan dari mulut ke mulut atau media sosial, nah, Treya menawarkan solusi untuk menghubungkan antara turis dengan operator tur yang tepercaya. Sehingga keamanannya terjamin dan ada standar baku pelayanan sesuai dengan standar kami. Selain open trip Treya juga menyediakan trip privat bagi mereka yang mendambakan perjalanan lebih eksklusif.

Sudah berapa lama?
Treya diluncurkan pada September 2017.

Cara menyeleksi operator tur?
Ada tiga orang yang mengurusi proses seleksi paket tur serta operator tur yang layak masuk ke Treya. Sebagian kami yang menawarkan kerja sama, namun ada beberapa operator tur yang mengajukan diri untuk dapat masuk ke Treya. Proses seleksinya mulai dari melihat portofolio, mengecek rekam jejak hingga mewajibkan partner kami untuk menggunakan rekening perusahaan bukan rekening pribadi sebagai transfer pembayaran. Logikanya, rekening dengan atas nama perusahaan lebih valid.

Ada berapa operator tur?
Sejauh ini sudah ada sekitar 35 operator yang menjadi rekanan kami. Mereka menyediakan paket-paket tur ke hampir 50 destinasi di Indonesia.

Kiri-kanan: Panorama Gunung Prau di Dieng, Jawa Tengah; manta point di Raja Ampat.

Cara pemesanan?
Untuk open trip bisa langsung memilih di situs atau aplikasi Treya. Untuk pemesanan trip privat bisa dilakukan dengan cara menghubungi kami via fitur chatting yang sudah tersedia baik di situs maupun aplikasi. Setelah detail diterima, Treya akan mencarikan operator tur yang cocok dengan kebutuhan klien.

Rencana ke depan?
Rencana jangka panjangnya kami ingin menjadi tempat one stop service bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi Indonesia. Dalam waktu dekat kami juga akan menyediakan fasilitas rental mobil di beberapa wilayah. Selain itu, ke depan kami berencana untuk menyediakan akses ke aktivitas-aktivitas di destinasi liburan hingga jasa penyewaan peralatan hiking, misalnya.

Comments