Pesona Salju di Levi Village

  • Kiri: pohon-pohon kurus dan jangkung menambah kesan magis Levi Village; kanan: lanskap indah yang siap dijelajahi turis.

    Kiri: pohon-pohon kurus dan jangkung menambah kesan magis Levi Village; kanan: lanskap indah yang siap dijelajahi turis.

  • Anjing husky bisa ditemukan dengan mudah di sini.

    Anjing husky bisa ditemukan dengan mudah di sini.

  • Tur menggunakan kereta salju ditarik kawanan husky merupakan aktivitas populer di Levi Village.

    Tur menggunakan kereta salju ditarik kawanan husky merupakan aktivitas populer di Levi Village.

  • Anjing husky menjadi bintang di antara turis di Levi Village.

    Anjing husky menjadi bintang di antara turis di Levi Village.

  • Tur dengan menggunakan kendaraan salju juga menjadi opsi aktivitas menarik lainnya di sini.

    Tur dengan menggunakan kendaraan salju juga menjadi opsi aktivitas menarik lainnya di sini.

  • Pemandangan lanskap menawan di Levi Village.

    Pemandangan lanskap menawan di Levi Village.

Click image to view full size

Safari menaiki husky usai sarapan, ski di siang hari, lalu melewati malam dengan menonton aurora. Mudah dimengerti mengapa Levi Village adalah destinasi musim dingin terlaris di Finlandia.

Oleh Cristian Rahadiansyah

—Rute
Levi berada di kawasan Lapland di utara Finlandia, persisnya di Kabupaten Kittilä. Penerbangan ke sini dilayani oleh SAS (flysas.com) dan Finnair (finnair.fi) dari Helsinki. Di musim ski, Norwegian (norwegian.com) dan Transavia (transavia.com) membuka rute Kittilä. Levi berjarak hanya 15 menit dari bandara.

Kiri: pohon-pohon kurus dan jangkung menambah kesan magis Levi Village; kanan: lanskap indah yang siap dijelajahi turis.

—Daya tarik
Saat salju membalut, beberapa kegiatan yang laris adalah ski, ice fishing, tur snowmobile, ice karting, serta safari rusa dan husky. Sejumlah resor juga menawarkan aktivitas unik khas lokal: sauna di bangunan kayu, lalu berendam di air es. Tentu saja, aurora borealis merupakan pementasan terbaik di musim dingin, antara Agustus hingga April. Setelah salju mencair, wisatawan datang untuk mendaki bukit, menuruni lereng dengan sepeda, serta berkuda. Aktivitas di Levi yang tidak terkait musim adalah menyelami kebudayaan Sami, bangsa asli Skandinavia. Untuk memulainya, kunjungi Samiland (samiland.fi), museum yang menceritakan sejarah dan kebudayaan Sami. Informasi lain seputar Levi bisa disimak di situs Levi Tourist Office (levi.fi).

—Akomodasi
Dua yang layak dicoba adalah Levi Panorama (levipanorama.fi; doubles mulai dari $103) yang berdiri di sisi atas lereng ski, serta Break Sokos (sokoshotels.fi; doubles mulai dari $138) yang dikelilingi toko suvenir. Jika datang bersama keluarga, Levi Spirit (levispirit.fi; mulai dari $750) menawarkan sembilan vila yang masing-masingnya dilengkapi area jacuzzi dan sauna. Salah satu vila di sini sudah dibeli oleh Kimi Räikkönen. Penting diingat, seluruh penginapan di Levi kemungkinan akan terisi penuh saat digelarnya Kejuaraan Dunia Ski (skisport.fi) pada 15-16 November.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia Jul/Ags 2014 (“Bumi Sami”)

Foto dipotret menggunakan Lumia 1020 yang dipinjamkan oleh Nokia Indonesia.



Comments

Related Posts

2328 Views

Book your hotel

Book your flight